Masyarakat Desa Sajang Bersama Bhabinkamtibmas Gotong-Royong Bangun Sanitasi

MandalikaPost.com
Sabtu, Juni 27, 2020 | 16.03 WIB

LOMBOK TIMUR - Bhabinkamtibmas Desa Sajang Brigadir Polisi Edi Rustaman dan Kepala Desa Sajang, H Lalu Kanahan bersama masyarakat menggelar bakti sosial membuat sanitasi masal di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Jumat (26/6).

Bakti sosial tersebut sebagai wujud kesiapan Desa Sajang mengikuti Lomba Kampung Sehat dan menyambut HUT Bhayangkara Polri yang ke 74 tahun 2020.

"Selain itu kegiatan ini kan, agar masyarakat mampu mandiri dalam hidup baru yang lebih sehat. Sehingga khamtibmas di tengah masyarakat kondusif serta masayarakat semakin produktif dan kreatif," jelas Brigpol Edi Rustaman.

Dijelaskan, baksos pembuatan sanitasi masal tersebut, selain mempersiapkan Desa Sajang ikut dalam ajang Lomba Kampung Sehat yang bertajuk, juga dalam rangka menyambut HUT Bayangkara Polri yang ke 74 tahun 2020.

"Ini momen yang pas, ya artinya kan selain kita mempersiapkan Kampung Sehat Desa Sajang. Juga dalam rangak menyambut HUT Bayangkara Polri yang ke 74 tahun ini, yang akan dilakukan beberapa hari kedepan," katanya.

Program Kampung Sehat, merupakan sebuah gerakan pemberdayaan segenap potensi warga dan kelompok masyarakat Desa dalam menciptakan keluarga dan lingkungan yang sehat. Selain itu pemberdayaan masyarakat Desa sebagai upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan program kegiatan dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat desa.

"Sehingga ada upaya-upaya sinergis dari seluruh komponen masyarakat desa dengan perannya masing-masing bersama berkomitmen menerapakan prinsip-prinsip hidup sehat dalam segala aspek kehidupan," jelasnya.

Edi juga mengaku, selalu mengedukasi masyarakat Sajang khususnya di setiap ada kesempatan, baik itu dalam formal atau pun non formal. Dimana menurutnya mewujudkan desa sehat, perlu totalitas peran serta masyarakat, sedangkan institusi atau lembaga pelayanan kesehatan hanya sebagai motivator atau pembimbing dalam upaya-upaya kesehatan masyarakat.

"Peran masyarakat desa dalam bidang kesehatan harus diwujudkan, dalam upaya mendorong setiap individu. Baik itu keluarga dan atau lembaga masyarakat termasuk swasta mengambil tanggung jawab atas kesehatan diri, keluarga dan masyarakat," imbuhnya.

Paradigma Kampung Sehat ini, tentu menjadi harapan bagi seluruh warga masyarakat desa dalam upaya bersama, menata kehidupan masyarakat yang lebih baik dan peran aktif.

Terlebih disaat pandemi Covid-19 yang munguras segala energi untuk terfokus dalam pencegahan dan penanganannya, agar warga setempat selalu waspada dengan penyebaran wabah tersebut.

"Dalam kondisi ini, masyarakatlah yang akan mewujudkan suatu pemerintahan desa. Agar masyarakat desa yang memiliki derajat kesehatan yang optimal, berperilaku hidup sehat dan bersih. Sehingga mampu produktif, berdaya saing, mandiri, dan sejahtera," harapnya.

Sementara itu Kepala Desa Sajang H Lalu Kanahan, mengaku sangat senang dan bangga serta berterima kasih kepada semua pihak, terutama bhabinkamtibmas desa sajang Brigadir Edi Rustaman yang terus peduli dan tidak pernah bosan untuk selalu mengingatkan warganya agar tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta tetap mematuhi himbauan pemerintah terkait dengan protokol kesehatan.

"Kami sangat bangga, kepada pak Bhabinkamtibmas Desa Sajang. Tanpa lelah terus mengigatkan masyarakat kami untuk berperilaku hidup sehat, terlebih pada masa pandemi ini," katanya.

Pemdes juga terus bersinergi, bekerja sama dan berinovasi untuk membuat terobosan-terobosan baru dalam meningkatkan kesadaran masyarakatnya akan pentingnya hidup bersih dan sehat ditengah pandemi Covid-19.

"Kami terus bersinergi dengan semua lapisan masyarakat, untuk berinovasi membuat terobosan baru di tengah pandemi ini. Agar masyarakat kami mematuhi SOP kesehatan Covid-19 dari Pemerintah", katanya

Untuk mencegah penularan virus Covid-19 di Desa Sajang, Bhabinkamtibmas dan Babinsa bersama Pemdes setempat selalu menghimbau dan mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan memasang sepanduk atau banner kesehatan di tempat keramaian yang mudah dilihat baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara untuk selalu menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun.

"Selama pandemi covid-19, masyarakat desa sajang tidak ada satupun yang terpapar baik itu reaktif maupun positif, hal ini akan terus dipertahankan dengan memperketat jalur masuk ke desa sajang bagi pengunjung baik lokal maupun asing, tidak diperkenankan untuk memasuki desa sajang bagi pengunjung yang tidak menggunakan masker," tegasnya. MP/Rosyidin
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Masyarakat Desa Sajang Bersama Bhabinkamtibmas Gotong-Royong Bangun Sanitasi

Trending Now