Iklan

Dilantik Jadi Ketua ICSB NTB, Bunda Niken Siap Kembangkan UMKM

MandalikaPost.com
Senin, Juli 13, 2020 | 21:56 WIB Last Updated 2020-07-13T14:57:21Z
Ketua ICSB Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Zulkieflimansyah.

MATARAM - Pengurus International Council for Small Business (ICSB) periode 2020-2022 Provinsi NTB resmi dibentuk. Ketua Dekranasda Provinsi NTB Hj.Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, SE, M.Sc dilantik sebagai ketua organisasi tersebut.

Acara pelantikan dipimpin langsung oleh Presiden ICSB Indonesia Dr. Jacob Silas Mussry, Senin (13/7) secara virtual.

ICSB merupakan organisasi internasional berpusat di Washington, Amerika Serikat. ICSB sebagai organisasi nonprofit membantu pengembangan kewirausahaan di Tanah Air bersama empat pilar pendukungnya, terdiri dari akademisi, peneliti, pemerintah, dan pelaku bisnis.

Pada pelantikan pengurus tingkat Provinsi NTB, Jacob mengajak stakeholder terkait untuk bersama-sama membina pelaku UMKM agar bisa lebih kompetitif. Dia mengatakan, jumlah UMKM di Indonesia saat ini sangat besar, tetapi tak sebanding dengan tingkat daya saing UMKM itu sendiri, baik lokal maupun internasional.

“Organisasi ini kami harapkan bisa memberikan kontribusi yang strategis kepada UMKM agar mereka lebih kompetitif,”  kata Jacob dalam sambutannya secara virtual.

Untuk mengembangkan UMKM, lanjutnya, ICSB fokus pada pendidikan, penelitian, pertukaran ide, membangun dan mengembangkan kapabilitas usaha. Menurutnya, dengan mengembangkan kapabilitas usaha, UMKM di Indonesia semakin kompetitif.

“Saya berharap, ICSB hadir menguatkan kapabilitas pelaku usaha kecil menengah di Provinsi NTB, meski dalam kondisi sulit (Covid-19-red) menyerah bukanlah pilihan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua ICSB Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah mengatakan, UMKM harus didukung dan dikembangkan. Sebab UMKM begitu penting dalam menyerap tenaga kerja, sangat strategis dalam perkembangan ekonomi di wilayah, dan menopang perekonomian nasional.

“Kami mengajak semua para pelaku UKM untuk bergandengan, saling membantu, saling mendukung dalam rangka membangkitkan pelaku usaha di NTB,” ujar bunda Niken.

ICSB ini tambah bunda Niken, merupakan organisasi baru di NTB. Untuk itu, pengurus ICSB NTB akan belajar lebih cepat, lebih banyak dan lebih giat guna mengembangkan UMKM di Provinsi NTB. Ia yakin, UMKM merupakan salah satu kunci keberhasilan NTB.

“Kami yakin, UMKM yang tangguh, UMKM yang unggul merupakan kunci NTB Gemilang,” ujarnya.

Gubernur NTB Dr H Zulkieflimanysah dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus ICSB Wilayah Provinsi NTB. Gubernur berharap, pengurus dan anggota yang tergabung dalam ICSB memberi peran strategis dalam hal Roadmap pengembangan kewirausahaan secara holistik di NTB yang melibatkan semua pihak dan menjadi payung organisasi UKM daerah.

“Selamat kepada pengurus ICSB wilayah NTB. Semoga keberadaan ICSB dapat mendorong peningkatan jumlah dan kualitas UMKM di Provinsi NTB. Sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan pendampatan dan kesejahteraan masyarakat,” kata Gubernur Zul.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dilantik Jadi Ketua ICSB NTB, Bunda Niken Siap Kembangkan UMKM

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online