Iklan BNS

Tiga Hal BARU yang Asyik di Pantai Mapak Indah Mataram

MandalikaPost.com
Kamis, September 17 | 10.52 WIB
Barra Elank
Mandalika Post/Mataram
KEBIASAAN BARU. Sarana cuci tangan di kawasan Pantai Mapak Indah, membiasakan pengunjung menerapkan protokol kesehatan di masa adaptasi Kebiasaan BARU.

Hidup di tengah pandemi, semua memang harus mentaati protokol kesehatan ; Jaga Jarak, Selalu Pakai Masker, dan Rajin Cuci Tangan. Toh, hal ini jangan sampai mengurangi kebutuhan berekreasi, refreshing tetap penting meski di tengah pandemi.

Mendukung penerapan protokol kesehatan, destinasi wisata Pantai Mapak Indah, di Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram juga terus berbenah, menyediakan sarana penunjang agar pengunjung dan wisatawan nyaman berekreasi di masa adaptasi kebiasaan BARU saat ini.

"Kita sediakan fasilitas cuci tangan, dan pengaturan tempat santai juga menerapkan jaga jarak," kata pengelola Pantai Mapak Indah, H Mahendra Irawan yang populer dengan panggilan Ki Jogo Laut.

JAGA JARAK. Pengaturan tempat duduk di Pantai Mapak Indah sesuai standar Jaga Jarak.

Pandemi tak membuat kreasi dan inovasi pengelola Pantai Mapak Indah terhenti.

Setidaknya ada Tiga hal asyik BARU di kawasan Pantai Mapak Indah yang bisa dinikmati.


1. Fasilitas Lengkap dan Bersih

Pantai Mapak Indah termasuk salah satu destinasi wisata yang cukup lengkap fasilitasnya. Selain Mushola, kamar ganti, dan toilet umum, kini juga ada beberapa spot selfie yang menarik.

Menunggu sunset di Pantai Mapak Indah.

Belasan cafe kontainer berjajar rapi dengan tepat santai yang menarik.

Tersedia areal parkir yang cukup luas, pantai ini juga Tersediaselalu menjaga kebersihannya.


2. Eduwisata Menarik dengan Ikon Penyu

Tak banyak yang tahu, kawasan Pantai Mapak Indah dan sekitarnya merupakan salah satu dari sedikit pantai yang menjadi habitat Penyu.

Pantai Mapak Indah menjadi salah satu destinasi eduwisata yang bisa berkembang ke depan.

Puluhan Tukik, anak Penyu di penangkaran Penyu Pantai Mapak Indah.

Bersama komunitas pencinta Penyu, pengelola Pantai Mapak Indah membuat penangkaran Penyu. Setiap musim bertelur, Penyu-Penyu dewasa akan naik ke pantai dan bertelur. Telur-telur kemudian ditetaskan, dan tukik ditampung di kolam penangkaran. Pembangunan penangkaran Penyu juga dibantu dari kepedulian PLN Wilayah NTB.

BACA JUGA : Penyu jadi Ikon Ekowisata di Pantai Mapak Indah

Pengunjung bisa melihat proses penangkaran ini. Terutama untuk anak-anak, pengenalan hewan langka dilindungi bisa langsung dilihat di sini.

Menurut Ki Jogo Laut, masyarakat pengunjung juga bisa mengadopsi penyu ini. Caranya dengan berdonasi, dan kemudian melepasliarkan anak penyu kembali ke laut.

"Konsep yang kita bangun adalah wisata berkesinambungan, ramah lingkungan. Kebetulan di sini, Penyu menjadi ikonnya," katanya.


3. Beragam Menu dan Indahnya Sunset

Bukan hanya panorama pantai yang indah dan penataan kawasan yang apik, Pantai Mapak Indah juga menawarkan beragam menu kuliner, makanan dan minuman.

Belasan cafe kontainer yang ada disana menyediakannya.

Pantai ini juga membuka peluang kerja, dan juga peluang usaha bagi generasi muda kreatif untuk memulai bisnisnya.

"Kami sewakan lapak-lapak untuk cafe kontainer. Pekerjanya kita prioritaskan masyarakat sekitar. Agar multiplier effectnya bisa terasa disini," kata Ki Jogo Laut.

BERSIH. Kawasan Pantai Mapak Indah, salah satu destinasi pantai di Lombok yang selalu bersih.

Tak hanya manfaat ekonomi, para pemilik cafe kontainer juga teredukasi dan semakin peduli dengan kebersihan lingkungan. Pengelola pantai mewajibkan mereka bertanggungjawab untuk kebersihan kawasan, bergotong royong membersihkan sampah.

Fasilitas tempat sampah juga cukup banyak tersedia di pantai ini, mengajarkan pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya.

Pantai Mapak Indah menjadi salah satu destinasi alternatif berwisata di Kota Mataram. Meski masih minim sentuhan pemerintah daerah, namun ia selalu berinovasi kreatif dan membangun daya tarik BARU yang berkesinambungan.

H Mahendra Irawan atau Ki Jogo Laut berhasil membuktikan, segala usaha akan selalu berhasil dengan baik selama ada tekad dan kemauan.







Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tiga Hal BARU yang Asyik di Pantai Mapak Indah Mataram

Trending Now

Iklan