Destinasi Superprioritas Terdampak Banjir, AMDAL KEK Mandalika Dipertanyakan

MandalikaPost.com
Minggu, Januari 31, 2021 | 21.04 WIB
H Lalu Wirahman Wiradarma.

LOMBOK TENGAH - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika ikut terdampak banjir bandang pada Sabtu 30 Januari 2021. Sebanyak 350 Kepala Keluarga terpaksa di evakuasi karena rumah mereka terendam.


Tergenangnya Sirkuit MotoGP menjadi pertanyaan beberapa terhadap Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) KEK Mandalika Lombok oleh PT ITDC.


Ketua DPD Asosiasi Tenaga Ahli Konstruksi Indonesia Provinsi NTB, H Lalu Wirahman Wiradarma, ikut prihatin atas musibah banjir bandang yang menimpa masyarakat Kuta Lombok khususnya dan masyarakat NTB secara umum.


"Sebagai masyarakat dari Lombok Tengah dan mendukung pembangunan daerah tercinta, namun saya juga ingin memberikan pendapat tentang Drainase di KEK Mandalika," ungkapnya, Minggu 31 Januari 2021.


Lalu Wirahman merasa heran dan kaget sampai bertanya, bagaimana mungkin kawasan khusus yang akan menjadi destinasi prioritas di Indonesia tersebut bisa terjadi banjir dan genangan yang cukup besar.


"Jika sudah terjadi banjir seperti saat ini, perlu kita pertanyakan seperti apa AMDAL KEK Mandalika?," tegasnya.


Bagi dia, secara teoritis dalam drainase ada tiga komponen utama menjadi perhatian yaitu Hujan/presipitasi, Limpasan /run off dan Infiltrasi tanah. Ketiganya ini adalah faktor yang harus di kelola oleh pihak pengembang atau perusahaan yang dipercaya supaya tidak terjadinya banjir.


Anehnya, jika terjadi banjir seperti Sabtu malam, perlu dipertanyakan Master plan drainase kawasan apakah sudah direncanakan dengan matang dalam kawasan ini. Karena lanjutnya, banjir ini ibarat penyakit, maka perlu diagnosa penyakitnya.


"Harus dilihat penyakit apa dan apa potensi penyebabnya dan infrastruktur pendukung yang dapat mencegah terjadinya banjir tersebut apakah sudah disiapkan atau memadai," ujarnya.


Yang paling utama Analisis Mengenai Dampak Lingkungan /AMDAL juga perlu dikaji detail khususnya terkait dengan  rencana pengelolaan lingkungan (RKL) dan rencana pemantauan lingkungannya (RPL).


BACA JUGA : ITDC Pastikan The Mandalika Aman dan Beroperasi Normal


Pentingnya AMDAL lanjut Alumni OVG University of Magdeburg, Jerman, dan TU/E Eindhoven Belanda ini karena,  AMDAL di kawasan ini harus benar benar dikaji secara holistik, terintegrasi dan berkesinambungan dengan kawasan sekitar. Jangan sampai nanti kawasan kuta mandalika yang aman tetapi kawasan penyangganya yang kebanjiran terus.


Oleh sebab itu, ada usul dan saran bahwa, perlu dikaji master plan drainasenya. Kalau belum ada, harus buat detail master plan kawasan tersebut.


"Yang perlu adalah dengan drainase berwawasan lingkungan atau eco drain dan terintegrasi dengan kawasan penyangga diluar KEK dari hulu sampai hilirnya. Sehingga, aksinya adalah kalau penyebabnya hulu maka kita kembalikan fungsi hutan dengan reboisasi dan kita tata hilirnya dengan ecological drainage atau drainase berwawasan lingkungan," pungkasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Destinasi Superprioritas Terdampak Banjir, AMDAL KEK Mandalika Dipertanyakan

Trending Now