Ditlantas Polda NTB Tutup Operasi Lilin Rinjani 2020 dengan Berbagi Bansos Prokes

MandalikaPost.com
Senin, Januari 04, 2021 | 23.16 WIB

MATARAM - Operasi Lilin Rinjani 2020 telah berlangsung sejak tanggal 21 Desember 2020 hingga hari ini, 4 Januari 2021. Target operasi adalah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan mewujudkan Kamtibmas yang mantap dan kondusif dalam pelaksanaan ibadah Natal serta Tahun Baru, dan terciptanya Kamseltibcarlantas demi menurunkan jumlah fatalitas korban kecelakaan. 


Selama berlangsungnya Operasi Lilin Rinjani 2020 data terkait kecelakaan laka lantas tercatat sejumlah 24 kejadian, terjadi penurunan 4 kejadian jika dibandingkan dengan tahun 2019 sebanyak 28 kejadian atau mengalami penurunan sebesar 14,29%. Berdasarkan fatalitas korban laka lantas pada tahun 2020 korban meninggal dunia sebanyak 10 org, luka berat 4 org dan luka ringan sebanyak 22 org, sedangkan untuk tahun 2019 korban meninggal dunia 9 org, luka berat 6 org dan luka ringan 35 org. 


"Kepolisian bersama otoritas terkait  telah menggelar operasi yustisi protokol kesehatan skala besar," kata Kombes Pol Noviar, S.I.K, Direktur Lalu Lintas Polda NTB pada Senin, 4 Januari 2021 di Mataram. 


Menurutnya, dalam operasi lilin 2020 Kepolisian ingin memastikan semua tempat mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19, khususnya di Gereja pada perayaan Natal kemarin, tempat - tempat wisata, tempat belanja, dan di berbagai titik keramaian lainnya.


"Kami (Kepolisian)  tidak hanya menggelar himbauan dan penindakan dalam Operasi Lilin Rinjani 2020 ini, tetapi juga menggelar pembagian bansos kepada para pihak yang membutuhkan. Di hari terakhir ini, kami khusus memberikan Bansos berupa Paket Protokol kesehatan Covid-19 kepada masyarakat di beberapa titik lokasi Operasi " tambah Dirlantas Polda NTB ini. 


Kombes Pol Noviar juga menegaskan agar masyarakat berpikir cerdas di era Covid-19 ini terkait bagaimana berkendara yang baik serta tetap menaati aturan berlalu Lintas dan Protokol kesehatan Covid-19. 


" Menumbuhkan kesadaran dimulai dengan memberi pengetahuan, pemahaman, penerimaan , mempengaruhi sikap dan perilaku sehingga memunculkansikap dan perlaku lahir dan bathin secara sadar untuk melaksanakan apa yang menjadi hak dan kewajiban serta tidak melanggar larangannya. Hal tersebut sama dengan merubah pola dalam menumbuh kembangkan kesadaran tertib dan disiplin berlalulintas di era pandemi Covid-19 " jelas Dirlantas. 


"Menyadari hal tersebut, selaku Dirlantas Polda NTB bagaimana membuat pola penyadaran disiplin dan tertib berlalulintas di era pandemi covid-19 dengan Life Style adaptasi barunya, dimana sudah tidak efektif dan efesien bertemu langsung/lisan antara Polantas dengan Masyarakat/pengguna jalan," sambung Noviar.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ditlantas Polda NTB Tutup Operasi Lilin Rinjani 2020 dengan Berbagi Bansos Prokes

Trending Now