Iklan BNS

Pelebaran Jalan Depan Sirkuit Mandalika Dikebut

Ariyati Astini
Senin, Februari 14 | 11.19 WIB

Kepala Dinas PUPR NTB Ridwan Syah

 



LOMBOK TENGAH- Kementerian PUPR terus mengebut pengerjaan proyek jalan depan Sirkuit Mandalika. Sepanjang 1,64 km jalan depan Sirkuit Mandalika menjadi prioritas untuk diselesaikan sebelum perhelatan MotoGP Mandalika, 18 - 20 Maret mendatang.


"Pelebaran jalan depan sirkuit sepanjang 5,3 km. Tapi pada saat MotoGP besok, paling tidak 1,64 km harus selesai persis di depan sirkuit. Insya Allah akan selesai dua minggu lagi atau 28 Februari mendatang," kata Kepala Dinas PUPR NTB Ridwan Syah di Mandalika, Sabtu (12/6/2022).



Ridwan menjelaskan saat gelaran MotoGP Mandalika Maret mendatang, Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah menginstruksikan tiga hal penting. Tiga hal penting tersebut kata Ridwan, kawasan Mandalika tidak boleh terjadi kemacetan, tidak boleh ada genangan dan tidak bokeh ada kekumuhan.


Sehingga Kementerian PUPR melakukan pembenahan di luar kawasan Mandalika. Seperti pelebaran jalan depan sirkuit, perbaikan banjir kanal barat dan timur, perbaikan rumah kumuh di depan sirkuit dan beautifikasi bypass BIL - Mandalika dan jalan depan Sirkuit Mandalika.

"Kementerian PUPR menyiapkan infrastruktur ini dan harus selesai sebelum MotoGP dilaksanakan," terang Ridwan.


Percantik kawasan Mandalika dan jalan bypass

Bukan saja pembangunan infrastruktur, tetapi kata Ridwan, Kementerian PUPR juga melakukan beautifikasi jalan depan Sirkuit Mandalika sepanjang 5,3 km dan jalan bypass BIL - Mandalika sepanjang 17,36 km. 

Sehingga orang datang ke Lombok bukan saja melihat balapan di Sirkuit Mandalika. Tetapi  menikmati Pulau Lombok yang hijau dan asri. "Perintah Presiden dilakukan beautifikasi sepanjang 5,3 km dan sepanjang bypass BIL - Mandalika akan dilakukan penghijauan," imbuhnya.

Ridwan menambahka  seluruh pembangunan infrastruktur akan siap pada tanggal 28 Februari atau paling lambat sebelum pelaksanaan MotoGP. Baik jalan, beautifikasi termasuk penataan bukit yang ada di bypass BIL -Mandalika. Karena bukit-bukit yang ada di sepanjang jalan bypass BIL - Mandalika tidak boleh gersang. 

Untuk itu, bukit-bukit tersebut akan dipasangkan geomate dan ditanami kacang-kacangan sehingga kelihatan hijau. Termasuk jalur lambat bypass BIL - Mandalika juga tanami rumput. Termasuk tiga bundaran yaitu Bundaran Sunggung, Bundaran BIL dan Bundaran Tri Putri dekat Masjid Nurul Bilad Mandalika.

"Sebelum MotoGP tiga bundaran beautifikasi akan tuntas sebelum MotoGP 2022," ucap Ridwan.


Seperti diketahui , Kementerian PUPR menggelontorkan anggaran Rp576 miliar untuk pembangunan infrastruktur pendukung MotoGP Mandalika 2022. "Kementerian PUPR telah menganggarkan di tahun 2022. Baik untuk sumber daya air, bina marga dan rumah totalnya Rp576 miliar lebih," sebut Ridwan.


Anggaran sebesar Rp576 miliar tersebut digunakan salah satunya untuk lanjutan pembangunan jalan bypass BIL - Mandalika sepanjang 17 km. Ruas jalan sepanjang 17 km tersebut mengedepankan konsep keberlanjutan dan akan menjadi contoh nasional. Pelebaran jalan sepanjang 5,3 km atau ruas Kuta - Keruak dengan anggaran hampir Rp140 miliar. 

Jalan depan Sirkuit Mandalika nantinya akan dibangun seperti bypass BIL - Mandalika. Pelebaran jalan ini penting agar tidak terulang kemacetan seperti saat perhelatan World Superbike (WSBK) 2021. 

Pasalnya dalam perhelatan MotoGP Maret mendatang jumlah penonton lima kali lipat dari WSBK. Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah mengizinkan jumlah penonton MotoGP Mandalika menjadi 100.000 orang dari sebelumnya 63.500 orang.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pelebaran Jalan Depan Sirkuit Mandalika Dikebut

Trending Now

Iklan