Iklan BNS

Wisatawan Meningkat Selama Pra Musim MotoGP, PLN Dukung Kelistrikan Sektor Pariwisata

MandalikaPost.com
Minggu, Februari 13, 2022 | 11.28 WIB
Perajin tenun Lombok di Desa Sukarara, Lombok Tengah.

MANDALIKAPOST.com - Industri pariwisata di Lombok melonjak drastis seiring dengan adanya gelaran internasional yang digelar di Mandalika. Tak dipungkiri, hal ini merupakan salah satu dampak dari banyaknya wisatawan yang datang ke Lombok untuk melihat langsung para pembalap mengaspal di sirkuit Mandalika, baik dalam event World Superbike yang telah selesai, pramusim MotoGP yang saat ini tengah berlangsung dan juga MotoGP yang akan segera digelar bulan Maret mendatang.


Salah satu pariwisata yang terdampak positif adalah Desa Sukarara, Lombok Tengah, yang terkenal dengan kain tenun. Sandy, local guide di sentra kerajinan tenun Sukarara menjelaskan bahwa adanya event di Mandalika membuat tingkat kunjungan meningkat tajam.


Mengantisipasi peningkatan angka kunjungan wisawatan ini, PLN juga telah menyiapkan infrastruktur kelistrikan yang andal.


“Untuk kondisi kelistrikan di tempat kami sudah sangat cukup. Di sini sudah sangat memadai”, jelas Sandy.


Senada dengan Sandy, Amaq Lia pemandu dan pengelola Desa Sade mengungkapkan manfaat dari listrik bagi masyarakat Desa Adat sangat luar biasa sekali, sebelum adanya listrik kondisinya sangat sulit dengan adanya listrik semua menjadi lebih mudah.


"Sebelum adanya listrik, ketika ada wisatawan datang berkunjung ke Sade, begitu uangnya tidak cukup untuk belanja (hasil kerajinan) kita repot. Jadi kadang-kadang tamu awalnya mau membeli akhirnya tidak jadi. Tapi setelah adanya listrik, ATMnya tersedia. Jadi kalau tamu tidak bawa uang tunai, tidak kesulitan”, ujar Amaq Lia.


Amaq Lia juga menuturkan bahwa listrik di Desa Sade ini tidak ada kendala. Petugas PLN  selalu sigap apabila terjadi gangguan. 


“Buat kami di Desa Sade dan masyarakat Sade, PLN terbaik”, tegas Amaq Lia.


Menanggapi hal tersebut, Sudjarwo, General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB menyampaikan bahwa event yang digelar di Mandalika merupakan salah satu prioritas PLN. 


“PLN telah menyiapkan sistem kelistrikan yang terbaik untuk di Mandalika. Kami terus memohon doa dari seluruh masyarakat, agar seluruh event dapat berjalan dengan aman dan lancar”, pungkas Djarwo.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wisatawan Meningkat Selama Pra Musim MotoGP, PLN Dukung Kelistrikan Sektor Pariwisata

Trending Now

Iklan