Tradisi Betetulak Menutup Rangkaian Event Pesona Pengadangan di Lombok Timur

MandalikaPost.com
Kamis, Oktober 20, 2022 | 18.41 WIB
Parade 5000 dulang mewarnai ritual budaya Betetulak di Desa Pengadangan, Kecamatan Pringgasela, Lombok Timur. (FOTO : Dinas Kominfotik NTB) 

MANDALIKAPOST.com - Event Pesona Budaya Pengadangan V di Desa Pengadangan Kecamatan Pringgasela, Lombok Timur, yang terselenggara selama dua pekan, ditutup dengan ritual budaya Betetulak, Kamis 20 Oktober 2022.


Ritual budaya yang menampilkan kearifan lokal masyarakat Lombok ini dihadiri Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah, Wakil Bupati Lombok Timur H Rumaksi, Ketua TP PKK NTB Hj Niken Saptarini Zulkieflimansyah, sejumlah pejabat Pemprov NTB dan Pemkab Lombok Timur.


Gubernur NTB Dt H Zulkieflimansyah saat menghadiri penutupan event Pesona Budaya Pengadangan di Desa Pengadangan, Lombok Timur.

Sejumlah wisatawan mancanegara dan domestik ikut berbaur bersama masyarakat menyaksikan parade 5000 dulang dan mengarak bendera merah putih sepanjang 250 meter. 


"Semoga dapat terus dilestarikan dan menjadi warisan bagi generasi muda khususnya Desa Pengadangan," kata Gubernur Zul. 


Ia berpesan, selain merawat tradisi yang ada juga agar generasi muda melihat dunia dengan belajar keluar negeri. Hal ini agar  dapat menjadi bekal dalam membangun desa dan daerah dengan warisan budaya yang mulia. 


Ritual budaya Betetulak di Desa Pengadangan, Lombok Timur.

Sementara itu, Wakil Bupati Lombok Timur H Rumaksi menjelaskan, prosesi ritual budaya Betetulak, selain menjadi sarana tolak bala juga terdapat ritual penobatan atau pengukuhan kyai atau tokoh agama. 


Hal ini dikatakannya menjadi event spesial yang hanya ada di Desa Pengadangan. Dalam ritualnya, para tokoh adat berpakaian hitam dipertemukan dengan para tokoh agama berpakaian putih dalam upacara adat. Prosesi diakhiri dengan doa bersama. 


Penutupan event Pesona Budaya Pengadangan di Desa Pengadangan, Lombok Timur. 

Rumaksi berharap event tahunan kelima ini bisa menjadi calendar of event daerah maupun internasional. Festival Pesona Budaya Pengadangan yang dihadiri pula puluhan wisman dan wisnu diakhiri seluruh masyarakat menyantap hidangan dulang di lokasi acara. 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tradisi Betetulak Menutup Rangkaian Event Pesona Pengadangan di Lombok Timur

Trending Now