Kapolres Lotim Kunker dan Silaturahmi ke Tokoh Masyarakat di Kaki Rinjani

Rosyidin
Minggu, Juli 16, 2023 | 20.02 WIB Last Updated 2023-07-16T13:04:24Z
Foto bersama Kapolres Lombok Timur bersama Forkopimcam Sembalun dan sejumlah tokoh. (Foto: Rosyidin/MP). 

MANDALIKAPOST.com - Kapolres Lombok Timur, AKBP Hery Indra Cahyono S.H., S.I.K. M.H., melakukan kunjungan kerja (kunker) dan silaturahmi bersama Forkopimcam serta sejumlah tokoh di Kecamatan Sembalun, bertempat di Polsek Sembalun, Lombok Timur, Sabtu kemarin (15/7). 


Selain dihadiri Kapolres Lotim, Ketua Bhayangkari Cabang Lotim dan PJU , kegiatan tersebut dihadiri oleh, Forkopimcam Kecamatan Sembalun, Seluruh Kepala Desa yang ada di Kecamatan Sembalun dan Perangkat Desa serta BKD, tokoh prempuan, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat setempat.


Kunker ke Polsek Sembalun, merupakan Polsek terahir yang di kunjungi. Dimana sebelumnya sudah melakukan di semua Polsek yang ada di wilayah hukum Polres Lotim.


Untuk diketahui, Kapolres Lombok timur, AKBP Hery Indra Cahyono S.H., S.I.K. M.H., sejak menjabat pada 11 Juli 2022,  kunker pertama kalinya di Polsek Jerowaru pada hari Rabu 27 Juli 2022 setahun yang lalu. 


Dalam sambutannya Kapolsek Sembalun, AKP Wahyu Indrawan S.Sos menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Bapak Kapolres ke wilayah kerjanya yang berada di ujung utara timur Kabupaten Lombok Timur.


Pada kesempatan itu, Wahyu juga memaparkan gambaran umum situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Sembalun sejak dirinya mulai menjabat Kapolsek Sembalun.


“Situasi Kamtibmas di wilayah kerja kami masih kondusif, tidak ada kejadian yang menonjol walaopun ada beberapa permasalahan. Namun secara umum dapat kita selesaikan. Alhamdulillah itu semua berkat kerjasama Polri dengan semua stakeholder yang ada di Kecamatan Sembalun," tuturnya.


Wahyu juga sangat berharap kepada Kapolres  untuk memberikan arahan dan petunjuk dalam terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.


Kapolres Lotim berikan cindra mata ke sejumelah tokoh agama di Sembalun. (Foto: Rosyidin/MP). 

Kapolres Lombok Timur, AKBP Hery Indra Cahyono, SH. S.IK. MH., dalam sambutannya menyampaikan ucapkan terima kasih atas penyambutan yang baik. Ia menjelaskan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk silaturahmi bersama tokoh agama, tokoh masyarakat dan 3 pilar kamtibmas di Kecamatan Sembalun. 


"Terutama kami ingin melihat langsung kondisi Polsek Sembalun, dan melaksanakan pengecekan wilayah dan mengetahui situasi di wilayah Sembalun secara umum," jelasnya. 


Lebih lanjut Kapolres Lotim menekankan bahwa situasi aman dan kondusif tidak lepas dari peran serta masyarakat, tokoh agama, dan aparatur pemerintah Desa terutama 3 pilar kamtibmas daerah setempat.


Polri tidak bisa berdiri sendiri, oleh karena itu Polri membutuhkan hubungan, dukungan dan kerjasama dengan masyarakat dan pemerintah desa agar pembangunan dapat berjalan dengan lancer.


"Peran Bhabinkamtibmas yang siap membantu dalam setiap permasalahan di tingkat desa, serta pentingnya peran Bhabinkamtibmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat," ujarnya.


Kapolres juga menyampaikan, upaya mempersempit kejadian tindak pidana tentunya dengan bersinergi dengan Kepala Desa, Babinsa dan BKTM yang dibantu dengan BKD serta melakukan patroli bersama.


"Itulah pentingnya program Polisi RW, yang bertujuan untuk membantu tugas Bhabinkamtibmas dan melakukan deteksi dini di tengah masyarakat," kata Hery. 


Selain itu, Kapolres juga memberikan arahan dalam menciptakan situasi kondusifitas, khususnya di wilayah Kecamatan Sembalun dan Lombok Timur secara umum. Terlebih tahun ini tahun politik dan sebentar lagi masyarakat mengikuti pesta demokrasi yang akan datang. 


“Kita harus sadar akan pentingnya menjaga keamanan selama masa pesta demokrasi yang akan datang. Untuk itu, bijaklah bedemokrasi jangan gara-gara beda pilihan hubungan kita antar masyarakat retak," tegas Hery.


"Selain itu, bijaklah menggunakan medsos dan menyikapinya informasi di media sosial," imbuhnya.


Hery berharap, kunker dan silaturahmi ini dapat mempererat hubungan antara Kepolisian Resor Lombok Timur dengan para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan 3 Pilar Kamtibmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Kecamatan Sembalun. 


"Semoga dengan kunjungan kerja dan silaturahmi ini hubungan Polri dengan masyarakat semakin baik. Dan selalu bersinergi dalam menjaga keamanan dan kamtibmas di tengah masyarakat," harapnya. 


Pada kesempatan itu, Hery juga menyampaikan permohonan maaf apabila terdapat pelayanan atau perilaku anggota yang kurang berkenan. Serta mengajak masyarakat untuk melaporkan prilaku anggota yang tidak baik kepada Kasi Propam.


Usai Sambutan sekaligus arahan yang disampaikan Kapolres Lotim, Selanjutnya, dilakukan penyerahan cinderamata oleh Kapolres Lombok Timur kepada 12 orang tokoh agama dan tokoh masyarakat.


Kemudian acara dilanjutkan dengan arahan dari Kasat Narkoba Polres Lombok Timur, AKP I Gusti Ngurah Bagus  Suputera SH MH, Ia menyoroti pentingnya peran serta semua pihak dalam melawan peredaran narkoba, terutama di wilayah Sembalun. Meskipun saat ini belum ada temuan dan penangkapan penyalahgunaan narkoba di wilayah tersebut.


Lalu dilanjutkan arahan dari Kasat Lantas Polres Lombok Timur, AKP Doni Wirasetiawan, S.I.K., yang menyampaikan harapan dukungan dari semua pihak untuk sadar dalam berlalu lintas.


Kasat Binmas Polres Lotim juga memberikan arahan, menginformasikan bahwa 3 Pilar Kamtibmas di Kabupaten Lombok Timur mendapatkan peringkat 1 di NTB dan peringkat 10 nasional.


Dalam kegiatan kunjungan tersebut, di buka ruang diskusi yang bertujuan untuk memberikan saran dan masukan untuk meningkatkan Kamtibmas di wilayah Kecamatan Sembalun. Acara kemudian dilanjutkan dengan foto bersama.




Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kapolres Lotim Kunker dan Silaturahmi ke Tokoh Masyarakat di Kaki Rinjani

Trending Now