Inovasi dan Sinergitas Dibutuhkan untuk Pengembangan Wirausaha Muda di NTB

MandalikaPost.com
Sabtu, Juli 20, 2019 | 14.13 WIB
RAKORNIS KEWIRAUSAHAAN. Wagub NTB Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah saat memimpin rapat koordinasi teknis kewirausahaan bersama OPD terkait. (Istimewa)


MATARAM - Wakil Gubernur, Dr.Hj.Siti Rohmi Djalilah, M.Pd, menegaskan pentingnya sinergi dari semua pihak dan sektor untuk menciptakan ruang atau inovasi dan program yang dapat mendorong tumbuhnya  jiwa wirausaha dan skill berbisnis di kalangan pemuda.

"Karena itu, yang pertama yang harus dilakukan, adalah mengembangkan minat atau bakat dan motivasi pemuda untuk mau terjun ke dunia usaha," kata Wagub Rohmi, dalam Rapat Koordinasi teknis Kewirausahaan Pemuda bersama kepala Perangkat Daerah terkait, Jumat (19/7)  di kantor Gubernur NTB di Mataram.

Kemudian yang kedua, papar Wagub Rohmi, perlu upaya mengembangkan pengetahuan dan keterampilan tata kelola usaha, produksi, pasar dan jejaring.

Dan ketiga, adalah menyediakan ruang atau iklim yang kondusif disertai upaya mengembangkan kemampuan atau menfasilitasi pemuda untuk dapat mengakses permodalan sehingga dapat mengembangkan usaha bisnisnya secara profesional dan mandiri.

"Pelibatan dunia usaha, Lembaga Pendidikan dan pelatihan, Keuangan/perbankan, termasuk peran BUMN dan BUMD, juga sangatlah penting," tukasnya.

Menurut Wagub, pengembangan pendidikan kejuruan, pendidikan vokasi, program pengiriman pemuda untuk magang diberbagai perusahaan besar di dalam negeri maupun luar negeri.

Juga penguatan Lembaga Pelatihan kerja serta pemberdayaan  para enterpreneur muda yang sukses sebagai mentor dan motivator, merupakan sejumlah kegiatan yang dapat disinergikan.

"Banyak hal-hal yang  inovatif yang dapat kita lakukan dan sinergikan dari beragam potensi yang kita miliki sehingga semua terlibat sesuai porsi masing-masing," tegas Wagub Rohmi.

Ia berharap koordinasi antar dinas, terutama Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Koperasi UKM, Dinas Perindustrian dan Dinas Perdagangan serta Dinas Tenaga Kerja, dapat berjalan optimal.

Sehingga, program-program Kewirausahaan pemuda di NTB dapat mencapai hasil yang optimal.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga NTB, Husnanidiaty Nurdin menyampaikan, pengembangan wira usaha di kalangan pemuda merupakan salah satu program unggulan dan program strategis pemerintah Provinsi NTB yang berada di bawah koordinasi Dinas Pemuda dan Olahraga.

Ia mengungkapkan bahwa sejumlah program pendidikan, pelatihan dan temu karya usaha dikalangan pemuda/pemudi NTB, sudah, sedang dan akan terus ditingkatkannya.

"Kami harapkan kerjasama, sinergi dan kolaborasi yang lebih kuat dari dinas terkait serta seluruh stake holder dan dunia usaha untuk menyukseskan program wirausaha untuk pemuda NTB ini," katanya.

Seperti diketahui, mewujudkan semangat wirausaha di kalangan pemuda merupakan salah satu kunci mewujudkan NTB Gemilang.

"Kalau anak-anak muda kita hanya ingin menjadi PNS saja, maka NTB yang sejahtera dan mandiri, akan sulit diwujudkan. Pemuda kita gak bakalan maju," kata Gubernur Dr.H.Zulkieflimansyah dalam berbagai kunjungannya di tengah-tengah masyarakat.

Karenanya dibutuhkan inovasi dan sinergi dari semua pihak untuk terus menumbuhkan dan membumikan jiwa entrepreneurship pemuda tersebut.

Pemda Provinsi NTB sesuai  RPJMD  tahun 2019-2023, telah mencanangkan program kewirausahaan bagi pemuda.

Dalam 5 tahun ke depan program ini telah menargetkan akan terbentuk 1000 entrepreneur muda di berbagai bidang usaha bisnis yang digelutinya. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Inovasi dan Sinergitas Dibutuhkan untuk Pengembangan Wirausaha Muda di NTB

Trending Now