Iklan

Serahkan Hewan Qurban di Sembalun, Muhsinin Kota Malang Berbagi Bersama Korban Gempa di Sembalun

MandalikaPost.com
Senin, Agustus 12, 2019 | 12:29 WIB Last Updated 2019-08-12T05:29:34Z
IDUL ADHA. Sejumlah korban gempa usai menerima penyerahan daging qurban di Rumah Baca Sembalun, Lombok Timur. (Istimewa)


LOMBOK TIMUR - Suasana perayaan Idul Adha di Sembalun, Lombok Timur, Minggu (10/8) berjalan hikmat dan penuh kebersamaan dalam persaudaraan.

Sejumlah Muhsinin Malang, Jawa Timur berbagi Qurban 5 ekor Sapi dan 3 ekor Kambing, yang diserahkan melalui Rumah Baca Sembalun Lombok "Love Library" di Dusun Baret Desa, Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur.

Penyembelihan hewan qurban dilakukan setelah shalat Idul Adha sekitar pukul 09.15 Wita di kebun milik pengelola Rumah Baca Sembalun (L-Cube), dan disaksikan oleh warga sekitar.

Ketua Pengelola Rumah Baca Sembalun, Rosyidin Sembahulun mengatakan, Idul Adha tahun ini begitu spesial, pasalnya bersamaan dengan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia yang mengusung tema “Sumber Daya Manusia Unggul (SDM) dan Indonesia Maju”.

"Ini juga sekaligus mengenang 1 tahun gempa Lombok dengan maknitudo 6,4 M dan 7,0 M yang mengguncang Sembalun tahun lalu, khususnya," katanya.

Menurutnya, tujuan utama kegiatan adalah agar syiar agama Islam semakin luas serta mengeratkan silaturahmi. Dan agar masyarakat Sembalun yang terdampak gempa tahun kemarin senang dapat merasakan daging qurban.

"Untuk mengeratkan silaturahmi, agar masyarakat sembalun yang terkena dampak gempa senang kembali dapat merasakan daging qurban. Dan syi'ar agama Islam semakin luas," katanya.

Rosyidin sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada para Muhsinin Kota Malang Jatim, yang telah berqurban di Sembalun dan menitipkannya kepada para pengelola Rumah Baca Sembalun untuk penyembelihan hewan qurban dan distribusi kepada yang berhak di Sembalun.

“Saya rasa ini adalah tema yang sangat baik yang bisa menyatukan kita semua. Betapa seluruh umat Islam yang merayakan Idul Adha sebagian dari saudara-saudara kita sedang menunaikan ibadah haji. Juga HUT RI yang ke-74 dan mengenag 1 tahun gempa Lombok,” ungkapnya.

Hewan qurban yang telah disembelih kemudian dibawa ke bagian pengulitan dan pemisahan, terakhir disetor ke bagian penimbangan untuk disortir kepada yang berhak menerima.

Sesuai dengan daftar penerima manfaat daging qurban yang diterima oleh panitia sebanyak 400 Kepala Keluarga korban gempa.

"Setelah melalui beberapa proses, daging qurban langsung kita bagikan ke yang berhak. Yang sesuai dengan daptaf yang ada, ya kurang lebih sama-sama 1,5 Kg sampai 2 Kg per keluarga," katanya. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Serahkan Hewan Qurban di Sembalun, Muhsinin Kota Malang Berbagi Bersama Korban Gempa di Sembalun

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online