Iklan

Jelang Hari Juang Kartika, Ratusan Penderita Katarak Jalani Operasi Gratis di Lombok Timur

MandalikaPost.com
Sabtu, November 09, 2019 | 22:51 WIB Last Updated 2019-11-09T15:51:16Z
OPERASI KATARAK GRATIS. Ratusan penderita Katarak bersiap menjalani operasi Katarak di RSI Harapan Kita, Labuhan Haji, Lombok Timur. (Foto: Penrem 162/WB)

LOMBOK TIMUR - Setidaknya 500 orang penderita Katarak menjalani operasi gratis di RSI Harapan Kita, Labuhan Haji, Lombok Timur.

Operasi gratis yang diselenggarakan Pemda Lombok Timur bersama Korem 162/WB dan Yayasan New Vision, itu digelar beberapa hari, dimulai sejak Jumat sore (8/11).

Operasi pengangkatan buta Katarak tersebut melibatkan tim dokter ahli mata dari Nepal, Australia, dan Cina.

Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Agus Prihanto Donny, S.IP., mengatakan operasi katarak ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika, Hari Pahlawan dan Hari Kesehatan Nasional.

"Operasi gratis ini juga untuk membantu meringankan beban masyarakat NTB khususnya warga yang terkena penyakit Katarak," katanya.

Menurutnya, operasi katarak melibatkan 5 orang tim dokter, serta tim medis dan non medis sebanyak 27 orang. Kegiatan ini akan dilaksanakan hingga Minggu (10/11) mendatang.

Berdasarkan data, lebih dari seribu orang mendaftarkan diri dalam kegiatan ini. Namun setelah proses screening dilakukan, yang memenuhi persyaratan untuk menjalani operasi hanya sekitar 499 atau 500 orang.

Kapenrem 162/WB Mayor Inf Dahlan S.Sos., menjelaskan, hingga hari kedua kegiatan, Sabtu (9/11) tercatat setidaknya sebanyak 340 orang penderita Katarak sudah dioperasi. Mereka umumnya warga dari Lombok Timur, serta sejumlah warga Lombok Barat Binaan Kodim 1606/Lombok Barat, dan warga Lombok Tengah binaan Kodim 1620/Lombok Tengah.

Sementara di hari pertama Jumat (8/11) tercatat 100 penderita Katarak sudah menjalani operasi.

"Sehingga total sampai Sabtu atau hari kedua sudah tercatat sekitar 440 orang penderita katarak yang berhasil di operasi," katanya.

Dahlan menjelaskan, operasi Katarak dikoordinir pihak RSI Harapan Kita Labuhan Haji, dr. Maghrub dan dr. Sudarta, dan dihadiri Kadis Kesehatan Kabupaten Lombok Timur dr. H. Hasbi Santoso, M.Kes, Pasiter Kodim 1615/Lotim Kapten Inf Muslim, Danramil 1615-04/Keruak Lettu Inf Agil dan Camat Labuan Haji Yusmeli, SP.

Dihubungi terpisah, Dandim 1615/Lombok Timur, Letnan Kolonel Inf Agus Prihanto Donny mengatakan, selain untuk menyambut Hari Juang Kartika (HJK), Hari Pahlawan dan Hari Kesehatan Nasional, operasi Katarak juga sebagai upaya serbuan teritorial untuk meberikan manfaat bagi masyarakat.

"Ini sebagai serbuan teritorial untuk memberikan kesehatan mata bagi para penderita Katarak, sehingga mereka bisa menatap masa depan yang lebih baik ke depan," katanya. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jelang Hari Juang Kartika, Ratusan Penderita Katarak Jalani Operasi Gratis di Lombok Timur

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online