Iklan

Gubernur Dorong Warga NTB Terus Berkarya, 500 Unit Mesin Dipamerkan di STIPark

MandalikaPost.com
Senin, Agustus 17, 2020 | 13:46 WIB Last Updated 2020-08-18T06:46:38Z

MATARAM - Bertepatan dengan perayaan HUT RI ke 75, Pemprov NTB memamerkan sebanyak 500 unit mesin dan non mesin hasil tangan kreatif warga NTB di STIPark NTB di Banyumulek, Lombok Barat (Lobar). Gubernur NTB Dr.H Zulkieflimansyah mendatangi lokasi pameran dengan menggunakan sepeda motor listrik usai menghadiri apel bendera dalam rangka HUT RI di Lapangan Bumi Gora, Senin 17 Agustus 2020.

“Pandemi Covid-19 tidak boleh menghentikan semangat kita untuk terus berkarya,” ungkap Gubernur saat meninjau mesin-mesin hasil karya IKM NTB yang ditemani oleh Wakil Gubernur NTB Dr.Hj Sitti Rohmi Djalilah, Ketua TP.PKK NTB Hj Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, unsur Forkopimda NTB, para Kepala Perangkat Daerah serta pihak terkait lainnya.

Mesin-mesin ini, lanjut Gubernur, menjadi hadiah untuk negara Indonesia di HUT yang ke 75 ini. Meski Provinsi NTB kecil, namun masyarakatnya mampu berkarya. Aneka produk mesin dan non mesin yang dipamerkan hari ini merupakan buah tangan warga NTB yang hebat dan penuh kratifitas.

“Ini hadiah kemerdekaan, kita optimis, mesin-mesin ini tidak hanya membuat kita semua bangga, tapi tentu UMKM lokal kita terbantu untuk terus meningkatkan kreatifitasnya,” tambah Gubernur yang akrab disapa Bang Zul tersebut.

Kita bersyukur, tambah Bang Zul, karena SMK, Perguruan tinggi hingga UMKM lokal yang ada di NTB sudah mampu membuat motor listrik dan mesin-mesin lainnya. Pemasarannya pun luar biasa, tidak hanya menyasar dalam negeri, tapi produk NTB sudah banyak tembus pasar luar negeri.  “Tugas kita mendukung serta mendo’akan anak-anak muda NTB untuk terus berkarya,” tutup Gubernur Lulusan Harvard University tersebut.

Ia mengatakan, dengan penggunaan mesin dan teknologi, usaha pertanian, peternakan, perikanan dan lain sebagainya di NTB akan bisa memiliki nilai tambah di era pasar yang semakin kompetitif ini.

 “Tahun ini, mudah-mudahan industri permesinan kita ini ,kita akan sebar ke UKM-UKM, sehingga yang tadinya bisa produksi 10, sekarang bisa jadi 100. Ketika sekala produksinya lebih besar, dia akan mampu menekan harga, sehingga mampu berkompetisi di pasar terbuka sehingga tidak perlu dilindungi lagi,” katanya. 

Gubernur mengatakan, di momentum HUT Provinsi NTB tanggal 17 Desember mendatang, pihaknya menginginkan agar produksi kendaraan listrik bisa lebih banyak lagi. Misalnya kendaraan listrik ini  bisa menembus angka 1000 sampai 2000 unit hingga akhir tahun. Dengan demikian, akan semakin banyak pihak yang menggunakan kendaraan listrik buatan NTB ini.

Sementara itu, Wakil Gubernur yang juga hadir pada kesepakatan tersebut mengungkapkan bahwa, industrialisasi merupakan salah satu program unggulan provinsi NTB. NTB harus mampu membuktikan bahwa provinsi ini menjadi rumah industrialisasi yang mampu mendunia.

“Alhamdulillah, kita bersyukur, di tengah pandemi Covid-19 tersebut, anak-anak muda kita di NTB tidak diam, mereka buktikan dengan karya nyata. Karya mereka bisa kita lihat seperti sekarang ini,” ungkap Wagub yang akrab disapa Umi Rohmi ini.

Pemerintah provinsi NTB lanjutnya akan terus mendukung, mendorong, menyiapkan ruang seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat NTB yang ingin berkarya dan ingin mengubah daerahnya menjadi lebih baik. Tentu, itu semua sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat dalam mengatasi pengangguran dan kemiskinan.

“NTB ini menjadi rumah yang nyaman untuk masyarakat yang menginginkan perubahan,” tutup Wagub.

Di gudang produksi STIPark Banyumulek terlihat ratusan mesin dan non mesin berjejer rapi, mulai dari motor listrik, mesin cacah sampah, mesin pengering daun kelor, mesin pengolah minyak kelapa, mesin blender maggot, alat cetak gula aren, mesin cetak pelet sampah serta puluhan jenis produk lainnya.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gubernur Dorong Warga NTB Terus Berkarya, 500 Unit Mesin Dipamerkan di STIPark

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online