Iklan BNS

Manfaatkan Lahan, Lapas Pria Mataram Latih WBP Kelola Pertanian

MandalikaPost.com
Selasa, Maret 2 | 20.07 WIB
Kalapas Pria Mataram Ketut Akbar Herry bersama Kasi Pembinaan Gazali.

MATARAM - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pria Mataram yang berlokasi di Kuripan, Lombok Barat mulai menginisiasi pelatihan pertanian untuk para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Selain memanfaatkan lahan Lapas yang cukup luas, pelatihan juga dilakukan agar para WBP memiliki keterampilan dalam bidang pertanian.


"Kami memberi pembinaan mental bagi warga binaan dengan kegiatan pelatihan pertanian. Kegiatan ini untuk membentuk mental dan membangun karakter WBP. Ke depan akan kita bentuk kelompok tani juga," kata Kepala Lapas Pria Mataram, Ketut Akbar Herry SH didampingi Kasi Pembinaan, Gazali SH, Selasa (2/3).


Akbar mengatakan, dalam pelatihan pertanian ini pihaknya menggandeng Kelompok Beriuk Solah, Lombok Barat dan juga akan menggandeng Dinas Pertanian Lombok Barat.


Pelatihan pertanian ini sendiri dilakukan agar para WBP bisa memiliki skill dan kemampuan di sektor pertanian, dan kelak bisa berguna setelah mereka keluar dari Lapas Mataram.


 "Tujuannya agar WBP Lapas Pria Mataram dapat menjadi sosok pria yang mandiri sebagai pribadi, yang memiliki  pengertian sebagai bagian dari keluarga dan menjadi hamba Tuhan yang taat," kata Akbar.


Kegiatan pembinaan karaker, juga aktif dilakukan Lapas Pria Mataram dengan ceramah motivasi, sesi kebersamaan yang berisi game dan doa, serta tanya jawab.


Kasi Pembinaan Lapas Pria Mataram, Gazali menjelaskan, kegiatan pelatihan pertanian ini ke depan akan dikembangkan dengan pelatihan budidaya perikanan air tawar.


"Jadi di lokasi yang baru ini kita lebih maksimalkan pembinaan. Memanfaatkan lahan yang cukup luas ini," katanya.


Sebelumnya saat Lapas Mataram masih di Kota Mataram, pembinaan dan pelatihan sudah dilakukan berupa perbengkelan dan meubeler termasuk kerajinan Cukli.


Di lokasi yang baru di Kuripan, Lombok Barat, kegiatan itu tetap dilakukan dan semakin dimaksimalkan dengan pelatihan di sektor pertanian, peternakan, dan juga perikanan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Manfaatkan Lahan, Lapas Pria Mataram Latih WBP Kelola Pertanian

Trending Now

Iklan