Bypass BIL - Mandalika Segera Rampung, Siap Sambut Gelaran WSBK Mandalika

MandalikaPost.com
Kamis, September 16, 2021 | 19.55 WIB
Kepala Dinas PUPR NTB, Ir H Ridwan Syah saat meninjau Bypas BIL - Mandalika di Lombok Tengah.

MANDALIKAPOST.com - Progress pembangunan ruas jalan Bypass BIL - Mandalika sudah berkisar diatas angka 90 persen. Diperkirakan pembangunan akan tuntas pada akhir September 2021 dan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Oktober mendatang.


Pembangunan jalan Bypass BIL-Mandalika yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok dengan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Lombok Mandalika di Lombok Tengah, dinilai menjadi trigger bagi pengemmbangan perekonomian masyarakat di kawasan dan memudahkan akses wisatawan yang ingin melancong ke kawasan The Mandalika.


"Kita cek dan tinjau ke lapangan, progressnya cukup baik ya. Rata-rata diatas 90 persen dan dari rekanan yang ada InshaAllah ini bisa selesai pada akhir September," kata Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB, Ir H Ridwan Syah MSi, Kamis (16/9) saat meninjau Bypass Bil-Mandalika, di Lombok Tengah.


Turut mendampingi dalam tinjauan, Kabid Bina Marga Dinas PUPR NTB, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) NTB, Reiza Setiawan, serta para manager operasional lima perusahaan rekanan.


Ridwan mengatakan, pembangunan  bypass sepanjang 17,3 Km tersebut akan meningkatkan jaringan jalan pada  Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika-Lombok sekaligus mendukung konektivitas sirkuit MotoGP yang juga dibangun di kawasan Mandalika.



"Kalau selama ini kita lewat jalan lama melalui Sengkol butuh waktu 40 menit sampai 1 jam  untuk ke kawasan Mandalika. Tapi dengan Bypass BIL Mandalika maka akan lebih cepat hanya berkisar 15 sampai 20 menit untuk sampai ke Sirkuit Mandalika," jelasnya.


Ia memaparkan, layout Bypass BIL-Mandalika juga bagus dengan lebar jalan 50 meter, 4 lajur yang dilengkapi trotoar dan median. Di beberapa titik juga  dilengkapi jembatan, overpass, dan jembatan penyeberangan orang untuk memfasilitasi permukiman di sekitar.


Menurut Ridwan, dengan melihat progress yang baik ini pihaknya optimistis bahwa infrastruktur jalan Bypass BIL-Mandalika akan sangat siap menyambut gelaran World Superbike (WSBK) yang rencananya akan digelar di sirkuit Mandalika pada November 2021 mendatang.


"Selain siap untuk WSBK dan MotoGP, tentunya Bypass BIL-Mandalika ini membuat infrastruktur penunjang KSPN kita di NTB makin andal," tukasnya.  


Sementara itu, Kepala BPJN NTB, Reiza Setiawan menjelaskan, pembangunan jalan Bypass BIL– Mandalika terdiri dari 3 paket pekerjaan yakni Paket I sepanjang 4,3 km (STA 0+00-STA 4+30) dengan kontraktor PT Nindya Karya-Bumi Agung (KSO).


Kemudian Paket 2 sepanjang 9,70 km (STA 4+30-STA 14+00) kontraktornya PT Adhi Karya – PT Metro Lestari Utama (KSO), dan Paket 3 sepanjang 3,38 km (STA 14+00-STA 17+36), kontraktornya PT Yasa Patria Perkasa.


“Keseluruhan paket rata-rata progresnya sudah mencapai 90 persen lebih. September ini sudah bisa selesai," katanya.


Dijelaskan, pembangunan Bypass BIL– Mandalika bersumber dari APBN 2020-2021 dengan nilai total sekitar Rp 814 Miliar.


"Untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas, pembangunan Bypass BIL-Mandalika juga dilengkapi overpass di 11 lokasi, 2 jembatan, dan 3 jembatan penyeberangan orang," ujarnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bypass BIL - Mandalika Segera Rampung, Siap Sambut Gelaran WSBK Mandalika

Trending Now