Dorna Sport Umumkan Jadwal MotoGP Seri Indonesia 2022, Sirkuit Mandalika

MandalikaPost.com
Jumat, Oktober 08, 2021 | 15.12 WIB
Pertamina Mandalika International Street Circuit di kawasan The Mandalika, Lombok Tengah.


MANDALIKAPOST.com – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika)/The Mandalika, menyambut gembira pengumuman resmi Dorna Sport yang memasukkan seri Indonesia ke dalam Provisional MotoGP 2022 Calendar yang dirilis Kamis (7/10) kemarin.   


Berdasarkan kalender tersebut MotoGP seri Indonesia akan berlangsung pada tanggal 18-20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, The Mandalika, NTB. Kalender juga memasukkan sirkuit baru ini untuk menggelar test pra-musim pada 11-13 Februari 2022. 


"Kami menyambut gembira pengumuman Dorna Sport yang telah menetapkan pelaksanaan MotoGP di Indonesia pada tanggal 18-20 Maret 2022. Ini merupakan bukti kepercayaan Dorna Sport atas kesiapan Pertamina Mandalika International Street Circuit dalam menggelar event MotoGP 2022. Selain itu, penetapan jadwal ini juga merupakan apresiasi atas kerja keras semua pihak dalam mempersiapkan event balap motor berkelas dunia di Indonesia," kata Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer.


Sementara, Managing Director Dorna Sport Carlos Ezpeleta mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atas upaya mereka mewujudkan Event ini. 


"Dukungan dari pemerintah yang berkelanjutan sangat diperlukan untuk kehadiran event MotoGP Indonesia 2022, akhirnya kami bisa balapan lagi di Indonesia pada Maret tahun depan," kata Carlos Ezpeleta. 


Terkait kesiapan Pertamina Mandalika International Street Circuit, seluruh konstruksi lintasan sirkuit telah selesai 100% dan sudah bisa digunakan. Saat ini ITDC tengah fokus menyelesaikan pembangunan fasilitas pendukung sirkuit, antara lain Pit Building, Paddock, Medical Facility, dan Race Control Building. Pembangunan fasilitas pendukung tersebut ditargetkan akan rampung pada akhir Oktober mendatang guna mengejar penyelenggaraan ajang balapan Idemitsu Asia Talent Cup pada 12-14 November dan WSBK 2021 pada 19 - 21 November 2021.  


Penyelenggaraan event balap motor yang berlangsung di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) The Mandalika ini diyakini akan mampu mendorong pemulihan pariwisata di Indonesia dan NTB pada khususnya. 


"Kami tidak hanya membangun sirkuit atau menyelenggarakan ajang balap saja, tapi bertujuan untuk mengembangkan potensi pariwisata di Lombok, NTB dan Indonesia. Balapan belum mulai, namun multiplier effect sudah terlihat dari mulai menggeliatnya industri pariwisata di NTB. Saat ini, tingkat okupansi hotel di NTB mulai meningkat, harga kamar meningkat dan pihak hotel mulai menambah tenaga kerjanya. Selain itu, event MotoGP juga akan membangkitkan industri ekonomi kreatif Indonesia, khususnya Provinsi NTB melalui penyerapan produk-produk UMKM lokal sebagai Official Merchandise Ini semua hal yang patut kita syukuri bersama," terang Abdulbar. 


“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama dari semua pihak sehingga pembangunan Pertamina Mandalika International Street Circuit dan persiapan menyambut WSBK dan MotoGP dapat berjalan sesuai jadwal. Kami percaya event ini semakin meneguhkan branding The Mandalika sebagai destinasi Sport tourism berkelas dunia dan menjadi trigger pemulihan pariwisata Indonesia di masa adaptasi kebiasaan baru ini,” tutup Abdulbar. 


Tentang ITDC 


PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) merupakan BUMN yang memiliki lini bisnis membangun dan mengembangkan kawasan pariwisata di Indonesia. Selama 47 tahun, Perseroan telah membangun dan mengelola The Nusa Dua, kawasan pariwisata terpadu seluas 350 ha yang berlokasi di Bali bagian selatan, yang menjadi salah satu kawasan pariwisata terbaik di dunia.


Dengan infrastruktur, akomodasi, dan fasilitas pertemuan yang berstandar internasional, membuat kawasan ini menjadi tuan rumah berbagai event resmi berskala internasional seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss World 2013, dan IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018.


Sejalan dengan strategi Pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata menjadi sumber utama devisa negara dengan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, ITDC ditugaskan untuk mengembangkan destinasi pariwisata di luar Pulau Bali. Dengan dukungan Pemerintah, ITDC memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola kawasan pariwisata di KEK Mandalika/The Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektar.  The Mandalika memiliki 16 km garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit-bukit yang hijau, serta merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah. 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dorna Sport Umumkan Jadwal MotoGP Seri Indonesia 2022, Sirkuit Mandalika

Trending Now