Berlangsung Khidmat, Pujawali di Pura Amertha Giri Rinjani Polres Lombok Utara

MandalikaPost.com
Minggu, Desember 19, 2021 | 12.02 WIB
Kapolres Lotara AKPB I Wayan Sudarmanta, S.I.K M.H bersama istri dan jajaran anggota beragama Hindu, saat mengikuti upacara Pujawali di Pura Amertha Giri Rinjani Polres Lombok Utara.

MANDALIKAPOST.com - Bertepatan dengan rahina saniscara,wuku pahang purnamaning sasih ke pitu, Sabtu (18/12/2021) berlangsung karya pujawali di Pura Amertha Giri Rinjani Polres Lombok Utara ( Lotara ). Pura ini diempon dan disungsung oleh anggota Polres Lotara yang beragama Hindu.


Dalam pelaksanaan pujawali tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Pada saat persembahyangan, umat dibatasi dan pelaksanaan diatur secara bertahap atau bergantian, yang telah selesai melaksanakan persembahyangan.


Kapolres Lotara AKPB I Wayan Sudarmanta, S.I.K M.H.

Persembahyangan dihadiri oleh Kapolres Lotara AKPB I Wayan Sudarmanta, S.I.K M.H  didampingi Ketua Bhayangkari cabang Lotara, Selain juga semua PJU Polres Lotara yang beragama Hindu.


Rangkaian prosesi pada puncak pujawali diawali dengan ngaturang upakara Penyapsap (pebersihan) secara sekala dan dilanjutkan upacara mejaya-jaya Kapolres Lotara didampingi Ketua Bhayangkari cabang Lotara. 


Upacara ini adalah salah satu prosesi penyucian melalui ritual Agama Hindu. Tujuannya adalah membersihkan pengaruh-pengaruh negatif atau mala dalam diri seorang agar mendapatkan kesucian jasmani maupun rohani.  Dengan upacara ini, diharapkan pula dalam kepemimpinan Kapolres Lotara mendapatkan kejayaan demi kemajuan Institusi Polri khususnya Polres Lotara yang ia pimpin. 


Selanjutnya digelar ngebejiang dan ngunggahang. Prosesi ini dipimpin oleh Jero Mangku Dewa Pidi dan Jero Mangku Bripka I Gusti Bagus Tirtya Suda. Sedangkan untuk puncak pujawali (petirtan) dipuput oleh Ida Pedanda Gede Ngengah Ngenjung Arnawa, dari Geriya Tanjung Kecamatan Tanjung  Kabupaten Lombok Utara.


Pada kesempatan tersebut  Kapolres Lotara  mengatakan bahwa persembahyangan ini dilaksanakan bertujuan untuk memohon keselamatan lahir batin kehadapan Tuhan Yang Maha Esa Ide Sang Hyang Widi Wasa.


Selain itu  untuk kegiatan persembahyangan di Pura Amertaha Giri Rinjani Polres Lotara sudah diatur sehingga semua personel dapat melaksanakan persembahyangan. Ini di lakukan untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan di dalam areal Pura,” ucap Kapolres Lotara.


Lebih lanjut  Alumni Akpol 2001 Kelahiran  Tabanan Bali ini juga berharap agar semua anggota keluarga besar Polres Lotara diberikan tuntunan dan kemudahan dalam menjalani kehidupan termasuk didalam melaksanakan tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. 


“Kegiatan ini juga salah satu pembinaan mental spiritual anggota guna meningkatkan srada bakti kepada Tuhan Yang Maha Esa (Ide Sang Hyang Widi Wasa). Untuk saat ini pelaksanaannya sedikit berbeda ada pembatasan dan persembahyangan dilaksanakan secara bergantian karena masih dalam pandemi Covid-19. Semua ini semata untuk mencegah terjadinya kerumunan,” terangnya mengakhiri.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Berlangsung Khidmat, Pujawali di Pura Amertha Giri Rinjani Polres Lombok Utara

Trending Now