Iklan BNS

Gotong Royong dan Baksos, TNI Polri Tangani Pasca Banjir Bandang Sumbawa

MandalikaPost.com
Selasa, Februari 15 | 20.29 WIB
Tim gabungan TNI Polri membantu masyarakat terdampak banjir bandang yang melanda sejumlah desa di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, NTB. (Foto: Istimewa).

MANDALIKAPOST.com - Tim gabungan TNI - Polri, BPBD dan kelompok relawan, Selasa 15 Februari berjibaku membantu masyarakat terdampak banjir bandang di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).


Mereka tersebar di lima lokasi terparah terdampak banjir, untuk bergotong royong membersihkan sisa banjir, serta menggelar kegiatan bakti sosial melayani masyarakat korban banjir.


Kegiatan dihadiri oleh Wakil Bupati Sumbawa Hj Dewi Noviany, Kapolres Sumbawa AKBP Esty Setyo Nugroho S.I.K, Dandim 1607/Sumbawa Letkol Arh Haris Atmaja Adinata, S.E, yang langsung meninjau korban banjir di Dusun Po, Desa Kalimango, Kecamatan Alas.


Turut dalam kegiatan, Danki Yon B Pelopor Sumbawa AKP Nurdin, Kasat Samapta Polres Sumbawa AKP Mulyadi, SH, Danramil Alas Kapten Inf Armansyah, Danton Kipan B Yonif 742/SWY Letda Inf Sutarman, serta Kepala BPBD Sumbawa DR. Rusdianto AR. M.Pd.


Berdasarkan data BPBD Sumbawa banjir bandang yang melanda sejumlah wilayah di Kecamatan Alas menyebabkan sedikitnya 9 Rumah Rusak Berat, 711 Rusak Ringan,1 Rumah Hanyut, dan 2 Rumah Rusak Sedang. Jumlah masyarakat yang terdampak tercatat sekitar 724 KK.


"Tim gabungan TNI Polri, BPBD dan relawan hari ini melakukan gotong royong membantu masyatakat terdampak banjir. Bakti sosial juga dilakukan untuk membantu meringankan beban masyarakat terdampak," kata Kapolres Sumbawa, AKBP Esty Setyo Nugroho S.I.K.


Esty menjelaskan, bantuan Sembako yang di kirim dari Kabupaten Sumbawa sudah tiba di Kecamatan Alas dan saat di Simpan di Kantor Camat Alas. Selanjutnya bantuan akan dibagikan kepada masyarakat terdampak banjir di masing masing lokasi.


Menurutnya, Polres Sumbawa juga turut memberikan bantuan logistik berupa  Beras sebanyak 60 kantong @5 Kg atau total 300 Kg, dan 40 karton Mie Instan.


"Bantuan logistik ini untuk mendukung Dapur lapangan yang ada di masing-masing Desa terdampak banjir," katanya.


Selain meninjau korban banjir di Dusun Po, rombongan Wakil Bupati, Kapolres dan Dandim serta jajaran, juga menuju lokasi jembatan cinta penghubung Dusun Kerato menuju Dusun Praya yang terputus, serta melakukan pengecekan terhadap Bendungan Marente, tempat wisata tiu kele, dan beberapa tempat wisata yang rusak akibat banjir bandang. 


Sementara itu, Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Sumbawa, Polda NTB, Kombes Pol Hari Brata mengatakan, bencana banjir bandang di Kecamatan Alas, Sumbawa menjadi atensi Polda NTB dan jajaran.


"Kami bersama jajaran TNI, BPBD dan Pemda berupaya optimal untuk menangani pasca bencana banjir bandang di Sumbawa," kata Kombes Pol Hari Brata, Selasa 15 Februari di Mataram.


Hari Brata yang juga menjabat Direktur Reskrimum Polda NTB ini mengatakan, beberapa dapur umum telah didirikan di beberapa lokasi terdampak. Hal ini diharapkan bisa mengurangi beban masyarakat korban banjir di sana.


Dalam kegiatan gotong royong, tim gabungan juga membantu mengangkat rumah warga yang bergeser akibat banjir bandang, serta membersihkan sisa pohon yang tumbang.


"Gotong royong dan bakti sosial sudah mulai dilakukan sejak tadi pagi oleh Polres Sumbawa dan jajaran, serta Kodim Sumbawa. Kita berharap masyarakat bisa tabah dan sabar menghadapi musibah bencana alam ini," katanya. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gotong Royong dan Baksos, TNI Polri Tangani Pasca Banjir Bandang Sumbawa

Trending Now

Iklan