Iklan BNS

Pembangunan Smelter di NTB, Bawa Optimisme Warga Sumbawa Barat

MandalikaPost.com
Rabu, Februari 16, 2022 | 20.28 WIB
Gubernur Zulkieflimansyah berbincang dengan masyarakat Maluk, Sumbawa Barat.

MANDALIKAPOST.com - Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Sumbawa Barat tidak hanya bertemu Bupati dan para tokoh masyarakat. Gubernur NTB juga turun dan mendengarkan langsung aspirasi serta harapan warga masyarakat kepada pemerintah. 


"Berdialog dengan masyarakat Maluk sore ini tentang keberadaan SMELTER di KSB..

Alhamdulillah masyarakat sangat terbuka dan gembira dengan di mulainya pembangunan Smelter ini," ujar Bang Zul, sapaan akrab Gubernur NTB yang ditemui usai kegiatan, Rabu (16/2) di Kecamatan Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat. 


Bang Zul menyampaikan bahwa sebenarnya masyarakat sangat mendukung pembangunan smelter. Menurut Doktor ekonomi industri tersebut, masyarakat hanya ingin hidup dan menggeliatkan ekonomi bersama. 


"Yang jadi impian masyarakat sederhana saja, mereka ingin Maluk seperti dulu lagi di mana karyawan-karyawan tambang bisa hidup dan berinteraksi di Maluk, bukan di dalam tambang. Interaksi dan hidup bersama ini akan menggeliatkan ekonomi masyarakat dan mencegah munculnya tensi sosial di tengah masyarakat," tegas Gubernur Zulkieflimansyah. 


Gubernur yakin suara hati masyarakat ini akan sampai, dan masyarakat akan segera memperoleh kondisi seperti yang diharapkan. 


"Saya kira harapan ini harus dipahami dengan baik oleh perusahaan untuk hidup harmonis dengan masyarakat dan berumur panjang.. Perusahaan tak boleh di maknai sebagai mesin ekonomi semata tapi hrs lebih di maknai sebagai community of human," jelas Peneliti Muda Terbaik Indonesia Tahun 2003 tersebut. 


Berdasarkan hasil verifikasi PT Sucofindo selaku lembaga verifikator independen, proses persiapan pembangunan smelter oleh PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) sudah berjalan sebesar 27,56 persen.


Persiapan pembangunan yang sudah berjalan meliputi masalah lahan, detail engineering design (DED), dan nota kesepahaman pembangunan smelter antara PT AMNT dengan perusahaan dari China selaku mitra bisnisnya. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pembangunan Smelter di NTB, Bawa Optimisme Warga Sumbawa Barat

Trending Now

Iklan