Seka Keringat Bawahannya, Aksi Kapolda Iqbal Dipuji Publik

MandalikaPost.com
Rabu, Februari 09, 2022 | 12.24 WIB
Kapolda Riau Irjen M Iqbal menyeka keringat Bripda Oktavianus, anggota Polsek Tenayan Raya, Pekanbaru, Riau.(Foto: Istimewa)

MANDALIKAPOST.com - Aksi humanis Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal jadi perbincangan publik dan jagat media sosial. Tindakan spontannya mengusap dan menyeka keringat di wajah bawahannya, menuai banyak pujian. 


"Nih baru sosok pemimpin humanis. Bisa jadi teladan untuk lainnya," ujar netizen dengan akun Sinta_Bella, mengomentari unggahan Youtube.


Momen unik dan langka di mana Jenderal Bintang Dua membersihkan keringat Bintara Polisi ini terjadi dalam penyerahan penghargaan kepada Bripda Oktavianus Yusbar di Mapolsek Tenayan Raya, Pekanbaru, Riau, Senin 7 Februari 2022.


Oktavianus menerima reward atas aksi heroiknya menggagalkan kejahatan jambret dengan cara menabrak sepeda motor penjambret, pada Jumat pekan lalu. Meski kakinya terluka akibat aksi itu, namun Oktavianus berhasil membekuk penjambret.


Kapolda Iqbal didampingi Kabid Humas Polda Riau Sunarto, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Pria Budi, Kapolsek Tenayan Raya Manapar Situmeang dan sejumlah pejabat teras jajaran Polda Riau itu menyerahkan medali, piagam penghargaan, bingkisan dan rekomendasi pendidikan kepolisian yang diserahkan di halaman Mapolsek Tenayan Raya.


Duduk disamping pimpinannya dan menerima penghargaan membuat Bripda Oktavianus nampak gerogi. Tak diduga, Kapolda Iqbal langsung mengambil tissue dan mengusap wajah Oktavianus untuk menyeka keringatnya.


"Inilah simbol perlindungan dan pengayoman serta pelayanan kepada masyarakat yang sebenarnya yang diberikan Bripka Oktavianus Yusbar. Seorang polisi dengan instingya, dengan jiwa raganya, apapun yang terjadi dia berikan demi kemanusiaan," ujar Irjen M Iqbal.


Aksi humanis dan respek Kapolda Iqbal terhadap bawahannya, serta reward untuk polisi berprestasi diapresiasi publik, termasuk Dewan Pimpinan Wilayah Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) Riau.


Kapolda Riau Irjen M Iqbal bersama aktivis PGK Riau.

Ketua PGK Riau, Ari Juprika mengatakan, perhatian tulus dan reward bagi anggota polisi berprestasi yang ditunjukan Kapolda Iqbal, bisa menjadi penyemangat anggota lainnya untuk mewujudkan Polri PRESISI.


"PGK Riau mengapresiasi langkah beliau karena reward seperti ini akan memacu dan menstimulasi  personel Kepolisian lain untuk meningkatkan kinerja dan profesionalitas Polri dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," Ari Juprika, didampingi Sekretaris PGK Riau Safrizal Nasution, Rabu 9 Februari 2022.


Ari juga memuji spontanitas Kapolda Iqbal menyeka keringat Bripda Oktavianus.


Menurutnya, apa yang terjadi itu menunjukan bahwa Kapolda Iqbal adalah tipe pemimpin yang humble, peduli, dan dekat dengan siapa saja, termasuk bawahannya.


"Jenderal yang low profil dan humble. Semoga Irjen Iqbal bisa menjadi teladan dan inspirasi masyarakat, terutama generasi muda di Riau ini," ujarnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Seka Keringat Bawahannya, Aksi Kapolda Iqbal Dipuji Publik

Trending Now