Iklan BNS

Direktur Binmas Polda NTB Tekankan Pentingnya Peran Satpam

MandalikaPost.com
Sabtu, Mei 14, 2022 | 16.23 WIB

Dir Binmas Polda NTB  Kombes Pol Dessy Ismail, S.I.K saat memberikan Materi TUPOKSI SATPAM Pada Siswa Diklat PT. CPM (Cipta Perisai mandiri) angkatan ke XLIX (49) di Mataram. 


MANDALIKAPOST.com - Direktur Binmas Polda NTB  Kombes Pol Dessy Ismail, S.I.K memberikan Materi TUPOKSI SATPAM Pada Siswa Diklat PT. CPM (Cipta Perisai mandiri) angkatan ke XLIX (49), Sabtu 14 Mei 2022, di Mataram. 


Kombes Dessy mengatakan, setiap anggota Satpam harus mengetahui tugas pokok dan fungsinya sebagai satuan pengamanan. Antara lain menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja khususnya pengamanan fisik serta melindungi dan mengamankan lingkungan kerjanya dari setiap gangguan keamanan dan ketertiban serta pelanggaran hukum.


Ia menekankan, peran Satpam cukup strategis. Di samping turut membantu pihak kepolisian di bidang penegakan hukum, dalam melaksanakan tugasnya satpam memiliki peranan langsung di bidang keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja. 


"Hal itu dapat dilakukan apabila para anggota menjaga dan menjunjung tinggi kode etik yang diterapkan. Yaitu, kesetiaan, memberikan teladan yang baik, keselamatan dan keamanan, kejujuran, disiplin, keadilan tanpa prasangka," tegas Kombes Dessy Ismail.


Dir Binmas Polda NTB juga menegaskan bahwa satpam juga harus bisa melakukan pengawasan dan pengaturan. Antara lain pengawasan terhadapa gangguan-gangguan yang kemungkinan bisa terjadi  pada saat jam kerja berlangsung serta pengaturan lalu lintas terhadap keluar masuknya kendaraan khusus pada area kerjanya.


Ia memaparkan, tolak ukur kinerja satuan pengamanan dilandaskan oleh attitude (perilaku),  knowledge (pengetahuan) dan skill (keterampilan). 


"Dengan “turjawali” atau disingkat pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroli diharapkan kinerja satuan pengamanan menjadi perilaku yang berulang, berubah menjadi kebiasaan. Kemudian kebiasaan yang ditetapkan sebagai nilai menjadi pola, dan pola yang melekat akhirnya menjadi budaya kerja," ujarnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Direktur Binmas Polda NTB Tekankan Pentingnya Peran Satpam

Trending Now

Iklan