Iklan BNS

Undikma dan UPH Gelar Kajian Ilmiah Tentang Kesehatan Otak di Mataram

MandalikaPost.com
Kamis, Juni 30, 2022 | 19.04 WIB
Prof dr Eka J Wahjoepramono SpBS PhD, ahli bedah syaraf otak dan ahli Neurosains, saat memberikan materi dalam kajian ilmiah tentang kesehatan otak manusia.

MANDALIKAPOST.com - Universitas Pendidikan Mandalika (Undikma) Mataram, bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Pelita Harapan (UPH),  menggelar kajian ilmiah, bertemakan Kesehatan Otak Manusia Memajukan Peradaban Bangsa, Kamis 30 Juni 2022, di Studio 1 XXI Lombok Epicentrum Mall (LEM), Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.


Kajian ilmiah menghadirkan narasumber Prof dr Eka J Wahjoepramono SpBS PhD, ahli bedah syaraf otak dan ahli Neurosains, yang juga menjabat Dekan Fakultas Kedokteran UPH. Turut hadir dalam kegiatan Ketua Yayasan Pembina IKIP Mataram, H Lalu Rusmiady SH MM dan Rektor Undikma Prof Dr Kusno DEA PhD.



Dalam kegiatan tersebut, penjelasan mengenai kesehatan otak, disajikan dengan sangat menarik. Para peserta menonton bareng film 3D Brain Education, yang merupakan film karya Prof Eka J Wahjoepramono dan tim dokternya. 


“Sehat otak itu, bukan hanya tentang penyakit tetapi sehat dalam fungsinya secara optimal, dan semua itu dipengaruhi oleh otak manusia,” kata Prof Eka di sela kegiatan.


Menurut dia, sangat penting untuk mengedukasi kesehatan otak, karena ini merupakan organ vital di tubuh manusia. Edukasi tersebut, untuk mengetahui bagaimana otak manusia bekerja, penyakit apa saja yang dapat menyerang otak, kemudian apa saja akibat yang ditimbulkan ketika otak manusia mengalami gangguan. 


“Di dalam film yang kami tayangkan tersebut, juga dijelaskan bagaimana mengantisipasi gangguan yang terjadi akibat penyakit-penyakit otak,” jelasnya.


Prof Eka mengatakan, kajian ilmiah ini dilakukan untuk lebih membumikan pengetahuan tentang kesehatan otak. Bukan untuk menakut-nakuti, tetapi manusia diharapkan bisa lebih menghargai dan menjaga kesehatan. 


“Organ penting ini harus kita jaga, kita lakukan pemeriksaan rutin mengenai kesehatannya, ini memang nggak biasa tetapi setelah saya melihat antusiasnya tadi, rupanya mereka cukup tertarik,” katanya.


Prof Eka menekankan, jangan biarkan berbagai macam penyakit merusak otak. 


"Hindari rokok, jaga pola makan dengan mengurangi konsumsi makanan yang menyebabkan hipertensi dan gula darah. Perbanyak kegiatan dengan berolahraga," ujarnya.


Ketua Yayasan Pembina IKIP Mataram, H Lalu Rusmiady mengatakan, kegiatan kajian ilmiah ini diinisiasi Yayasan dan Undikma untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang perlunya kesehatan otak dalam kehidupan saat ini dan di waktu mendatang.


"Agar masyarakat kita menyadari betul tentang pentingnya menjaga kesehatan otak," katanya.


Sementara itu, Humas Undikma Ismail Marzuki menambahkan, kegiatan kajian ilmiah dihadiri sekitat 250 orang peserta terdiri dari para pimpinan, dosen, karyawan dan mahasiswa Undikma. Juga anggota Forkopimda, dan perwakilan PTS di Kota Mataram.


Menurut dia, dipilihnya Cinema XXI sebagai tempat acara karena pertimbangan kebutuhan alat yang kompetebel dengan kebutuhan presentasi narasumber.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Undikma dan UPH Gelar Kajian Ilmiah Tentang Kesehatan Otak di Mataram

Trending Now

Iklan