Iklan BNS

Berapi-api, Gubernur Zul Buka-Bukaan Kenapa NTB Gelar MotoGP dan MXGP

MandalikaPost.com
Jumat, Juli 01, 2022 | 10.50 WIB
Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah.

MANDALIKAPOST.com - Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah buka-bukaan kenapa dalam setahun ini NTB bergegas menyelenggarakan event internasional, MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah dan MXGP di Sirkuit Samota, Sumbawa.


"Mungkin bapak ibu bertanya-tanya kenapa pemerintah lakukan MotoGP, kenapa pemprov NTB bersusah payah bikin MXGP. Kita terpaksa membuat MotoGP, kita terpaksa membuat MXGP, kita terpaksa membuat internasional event, karena dipaksa keadaan. Saya menjadi saksi sebagai Gubernur, tidak mudah bagi kita di NTB ini," tegas Gubernur Zul, dalam pidato membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi NTB, Kamis malam 30 Juni 2022, di Lapangan Gotong Royong, Kecamatan Masbagik, Lombok Timur.


Menurutnya, selain untuk mempercepat pembangunan infrastruktur daerah, dua event internasional yang saat ini menjadi branding sport tourism bagi NTB bisa menjadi trigger pembangunan kepariwisataan secara holistik, yang akan memiliki multiplier effect untuk pertumbuhan ekonomi di NTB. Baik di era pasca pandemi ini, maupun pariwisata berkesinambungan ke depan.


Kita terpaksa membuat MotoGP, kita terpaksa membuat MXGP, kita terpaksa membuat internasional event, karena dipaksa keadaan. Saya menjadi saksi sebagai Gubernur, tidak mudah bagi kita di NTB ini


Gubernur Zul mengatakan, NTB tidak seperti dua tetangganya, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Bali. 


NTT dan Bali adalah kantong suara Presiden Joko Widodo dalam dua kali Pilpres 2014 dan 2019 silam. Sementara, Jokowi kalah di NTB dalam dua kali Pilpres yang sama.


Gubernur NTT bisa dengan mudah katakan kepada Presden Jokowi untuk memperhatikan pembangunan di NTT karena lebih dari 95 persen masyarakat NTT memilih Jokowi.


Gubernur Bali, tetangga NTB juga bisa mengatakan hal yang sama agar Presiden Jokowi memperhatikan pembangunan daerah itu karena lebih 95 persen masyarakat di Bali memilih Jokowi.


"Kita di NTB, kadang-kadang kelu lidah kita, berat jiwa kita untuk meminta hal yang sama pada presiden Jokowi. Karena kita kalah disini. Oleh karena itu, perlu cara yang tidak bisa agar walau pun pak Jokowi  kalah disini, tapi kita punya cara untuk membangun jembatan, memperbaiki bandara, memperbaiki pelabuhan kita. Dan Alhamdulilah walau pun pak Jokowi tidak menang disini, tapi pertumbuhan ekonomi NTB salah satu yang tertinggi di Indonesia," tegasnya.


Kita di NTB, kadang-kadang kelu lidah kita, berat jiwa kita untuk meminta hal yang sama pada presiden Jokowi


Gubernur Zul menyampaikan, untuk menyelenggarakan MotoGP dan MXGP syaratnya tidak mudah. Daerah ini harus memiliki rumah sakit bertaraf internasional, Bandara yang standar internasional, dan pelabuhan serta infrstruktur jalan yang memadai.


"Dan Alhamdulillah blessing in disguise (ada berkah terselubung). Dengan segala kekurangan dan mungkin dengan doa bapak ibu semua, dengan segala keterbatasan. Walau pun Presiden tidak menang disini, tetapi pemerintah dengan event internasional harus membangun jembatan, bandara dan pelabuhan, dan NTB menjadi seperti yang kita saksikan saat ini," tukasnya.


Simak Video :

Pidato Menggugah Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah.




Seperti diketahui, dua event internasional MotoGP dan MXGP yang diselenggarakan di NTB berdampak cukup baik bagi pertumbuhan ekonomi NTB. Data BPS NTB menyebutkan pertumbuhan ekonomi triwulan pertama tahun ini NTB mencapai 5,6 persen.


Di sektor kepariwisataan, dua event ini seperti stimulant yang mempercepat normalisasi pariwisata pasca pandemi Covid-19.


Sementara di sektor infrsatruktur, RSUD Provinsi NTB bertaraf internasional, Bandara Bizam Lombok Tengah dan Bandara Sultan Kaharudin III Sumbawa berhasil menambah panjang landasan pacu, dan pelabuhan Lembar Lombok Barat, Pelabuhan Kayangan-Poto Tano, serta pelabuhan Badas Sumbawa mengalami peningkatan pelayanan yang juga berstandar internasional. 


Video pidato Gubernur Zulkieflimansyah yang disampaikan dengan semangat itu, dibagikan sejumlah akun media sosial, dan mendapat apresiasi netizen, warga masyarakat NTB.


"Alhamdulillah, luar bisa, pemimpin kita,Bang Zul selalu memberikan yang terbaik untuk NTB," tulis akun Aji Roker.


"Terimakasih ya Robb, NTB memiliki pemimpin yang hebat, smart, dan bersahaja. Maka lindungilah pemimpin kami ini ya Robb," tulis akun Sulastri. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Berapi-api, Gubernur Zul Buka-Bukaan Kenapa NTB Gelar MotoGP dan MXGP

Trending Now

Iklan