Iklan BNS

Jelang WSBK, Pesanan Hotel di Mandalika Masih Rendah, MHA : Tak Seperti Tahun Lalu

Ariyati Astini
Kamis, November 03, 2022 | 08.32 WIB
Humas Mandalika Hotel Association (MHA), Lalu Alamin. 

MANDALIKAPOST.com-  Tingkat pemesanan kamar hotel di kawasan Mandalika, Lombok Tengah, masih di bawah 60 persen. Padahal, sudah menjelang perhelatan World Superbike (WSBK) Mandalika pada 11 - 13 November mendatang.


Mandalika Hotel Association (MHA) mencatat jumlah kamar hotel sekitar 3.000 kamar, namun yang baru dipesan masih di bawah 60 persen. 


"Sampai hari ini kita masih belum menerima reservasi yang signifikan.  Sampai tadi malam, reservasi masih di bawah 60 persen untuk WSBK," kata Humas MHA, Lalu Alamin di Mandalika, Lombok Tengah, Rabu (2/11/2022). 


Alamin menyebutkan jumlah hotel di kawasan Mandalika mulai dari Gerupuk sampai Selongbelanak sebanyak 68 properti dengan jumlah sekitar 3.000 kamar. 


"Hotel-hotel yang ada kebanyakan dipesan oleh kru, offisial dan pembalap WSBK 2022. Tetapi jumlah kru, ofisial dan pembalap WSBK 2022 tidak sebanyak WSBK 2021 dan MotoGP 2022," ujarnya.


Selain itu, kata Alamin, WSBK 2022 tidak semeriah tahun 2021. Karena Mandalika Grand Prix Association (MGPA) tidak lagi menggunakan event organizer (EO) dari luar daerah.


"Kalau dulu ada EO namanya Dyandra, kru mereka banyak. Sehingga menempati banyak hotel di kawasan Mandalika. Sekarang MGPA handle semua, mulai dari tenda yang dulu didatangkan dari luar. Sekarang seperti pengadaan sendiri," tuturnya.



Dibandingkan pada H-10 WSBK Mandalika 2021, kamar hotel di kawasan Mandalika sudah full booking." Sekarang, masih banyak kamar hotel yang tersedia atau masih kosong. Padahal, harga hotel sama seperti saat kondisi normal," paparnya.

 

Namun, kata Alamin, pada saat tiga hari event WSBK pada 11 - 13 November mendatang, ada kenaikan harga kamar hotel sebesar 20 - 30 persen.


"Artinya mereka yang booking di menit-menit terakhir. Sekarang masih banyak kamar yang kosong. Kemungkinan yang full booking itu hotel-hotel besar kayak Novotel," terangnya. 


Sementara Itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB, Yusron Hadi mengatakan bahwa memang masih banyak kamar hotel yang tersedia menjelang WSBK Mandalika 2022. Ia menyebutkan, jumlah kamar hotel di Pulau Lombok sebanyak 21.000 kamar, baik hotel bintang dan non bintang. 


Dalam gelaran WSBK Mandalika 2022, jumlah penonton ditargetkan sebanyak 45.000 - 50.000 orang. Sebagian besar dari NTB, karena harga tiket WSBK telah diturunkan sebesar 50 persen.


"Tetapi kita tetap berharap banyak penonton dari luar daerah," kata Yusron.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jelang WSBK, Pesanan Hotel di Mandalika Masih Rendah, MHA : Tak Seperti Tahun Lalu

Trending Now

Iklan