Peraturan "One Gate System" Wabub KLU: Tunggu Momen Yang Pas

Ariyati Astini
Rabu, April 12, 2023 | 04.14 WIB

 

Wakil Bupati Kabupaten Lombok UTara ( KLU) Danny Karter Febrianto





MANDALIKAPOST.com- Pemberlakuan sistem satu pintu atau Peraturan one gate system ke tiga Gili yakni Trawangan, Meno dan Air akan tetap akan dipakukan oleh Pemda Kabupaten Lombok Utara (KLU). Namun pemberlakuan Masih menunggu waktu atau momen yang tepat. Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto.


"Jadi one gate system memang kita setuju, cuma memang kapan mulai diberlakukan kita lihat kondisi yang ada di tiga Gili. Penerapan one gate system ini menunggu momen yang pas lah," kata Danny dikonfirmasi di Kantor Gubernur NTB, Selasa (11/4/2023).





Danny menjelaskan alasan Pemda KLU belum menerapkan kebijakan one gate system wisatawan ke kawasan tiga Gili. Pemda KLU tidak ingin ada permasalahan yang muncul bertubi-tubi terkait tiga Gili. Karena itu akan membuat citra pariwisata di tiga Gili menjadi tidak baik


"Jadi kita tahu lah sekecil apapun pemberitaan mengenai tiga Gili, dampaknya bukan hanya nasional tapi juga internasional. Mungkin ini juga pertimbangan belum diterapkan one gate system," ujar Danny.


Pemda KLU sudah melakukan uji kelayakan angkutan lokal yang akan mengangkut wisatawan dari Pelabuhan Bangsal ke kawasan tiga Gili. Angkutan lokal ini dikelola oleh Koperasi Karya Bahari.


Dijelaskan Danny, Sebelum penerapan kebijakan one gate system ini, organisasi perangkat daerah (OPD) terkait menyiapkan kesiapan infrastruktur pendukung. Seperti fasilitas penunjang di Pelabuhan Bangsal yang akan menjadi tempat bongkar muat kapal cepat yang membawa wisatawan dari Bali.



Pemda KLU akan tetap berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk penerapan one gate system ini. Apalagi sekarang momentum kebangkitan sektor pariwisata pasca pandemik COVID-19.


"Yang jelas hasil kesepakatan Forkopimda, one gate system tetap jalan. Cuma momennya nanti kita lihat yang pas. Kita tetap koordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Pariwisata,"Kata Danny.


Pihaknya tidak ingin terjadi permasalahan dengan penerapan one gate system yang terburu-buru. Untuk itu, penerapan one gate system akan dilakukan pada momen yang tepat sembari menyiapkan infrastruktur dan fasilitas pendukungnya.


"Kita lihat momen yang pas untuk sembari menyiapkan infrastruktur dan Fasilitas pendukungnya dulu" tandas Danny

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peraturan "One Gate System" Wabub KLU: Tunggu Momen Yang Pas

Trending Now