Rakernas BEM SI Kerakyatan ke-XVI akan Digelar di Mataram, Ini Agendanya

MandalikaPost.com
Senin, Juli 24, 2023 | 19.37 WIB Last Updated 2023-07-24T11:37:31Z
Rakernas BEM SI Kerakyatan ke-XVI akan Digelar di Mataram, Ini Agendanya.

MANDALIKAPOST.com -  Universitas Mataram (Unram) akan menjadi tuan rumah pada Rapat Kerja Nasional Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia Kerakyatan yang ke-XVI yang rencananya akan digelar pada 10-15 September 2023 mendatang.


Tema yang akan diangkat dalam Rakernas adalah "Rejuvenasi Gerakan mahasiswa yang inklusif dan Adaptif untuk Indonesia yang adil Makmur,’’.


Sekretaris BEM Unram, Muhammad Afif Amanullah menyampaikan bahwa tujuan utama dari rakernas ini yakni membahas program kerja dan strategi  arah gerakan mahasiswa dalam mengawal isu-isu yang ada di Indonesia.


“Kita akan mencoba membuat program kerja dan langkah-langkah strategis terhadap gerakan-gerakan mahasiswa ke depan,” Kata Sekretaris BEM Unram, Muhammad Afif Amanullah kepada wartawan, Senin (24/7).


Dikatakan lebih lanjut, Unram menjadi tuan rumah melalui serangkain yang panjang saat musyawarah nasional (Munas) di Kepri tanggal 28 Mei 4 Juni 2023. Dimana yang hadir saat itu ada 138 kampus dari sabang sampai merauke.


‘’Unram terpilih menjadi tuan rumah Rakernas BEM SI ke-XVI tentu dengan lobi-lobi yang alot. Kita menawarkan keindahan alam yang dimiliki Bumi gora khususnya Pulau Seribu Masjid sehingga para peserta musyawarah sepakat Unram menjadi tuan rumah,’’ ucapnya.


Menurutnya, Rakernas ini sebagai pembangkit semangat untuk tidak pantang menyerah dalam mengawal setiap isu yang ada. 


“Itulah yang akan kita lakukan, pantang menyerah dalam mengawal isu-isu tersebut,” katanya.


Dijelaskan, bahwa isu tentang Pariwisata di Bumi Gora sangat indah, dapat dimasukan dalam pembahasan nasional serta isu politik jelang 2024 mendatang serta penangan stunting di Bumi Gora. Agar isu tersebut mendapat perhatian dari Komnas HAM bahwasanya masih banyak tindakan kejahatan terhadap perempuan dan anak yang terjadi di daerah khusunya di Bumi Gora.


“Semoga ini menjadi perhatian teman-teman serta berharap agar isu masuk dalam pembahasan nasional,” harapnya.


Oleh karena itu, pihaknya berharap pada Rakernas ini dapat menghasilkan langkah-langkah konkret untuk memperkuat gerakan mahasiswa dalam mengawal isu-isu yang mempengaruhi masyarakat Indonesia.


"Mudah-mudahan dalam rakernas ini keluar komitmen yang kuat untuk Indonesia,” katanya.


Menurutnya, kehadiran BEM di setiap universitas di Indonesia dapat menghasilkan pikiran-pikiran yang memberikan sumbangan positif terhadap negara.


“BEM ini memiliki pikiran yang dapat memberikan sumbangan positif terhadap perkembangan kesejahteraan masyarakat di Indonesia,” tandasnya.


Sementera Ketua Panitia Rakernas BEM SI ke-XVI, Lalu Wahyu Alam menjelaskan berbagai persiapan telah dilakukan mulai dengan koordinasi dengan pihak-pihak terkait.


‘’Semoga langkah yang kita lakukan ini sebagai wujud untuk memberikan danpak positif untuk Pariwisata kita di Bumi Gora,’’ tandasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Rakernas BEM SI Kerakyatan ke-XVI akan Digelar di Mataram, Ini Agendanya

Trending Now