Menikmati Kelezatan Raspberry Hutan, Kemutung Saat Pendakian di Rinjani

Rosyidin
Minggu, Oktober 22, 2023 | 13.54 WIB Last Updated 2023-10-22T05:54:11Z

SemetonRinjani, inilah buah Raspberry hutan (Kemutung) yang menyegarkan. buah ini populer dikalangan para pendaki, (Foto: Istimewa/MP).


MANDALIKAPOST.com –  Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl. 


Dikutip dari berbagai sumber, gunung Rinjani terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki dari berbagai daerah di Indonesia dan pendaki dari berbagai negara karena keindahan pemandangan alamnya. 


Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.


Di sisi lin Gunung Rinjani memiliki ragam plora pauna menyita perhatian para pendaki, salah satunya di jalur pendakian Gunung Rinjani, terdapat buah yang semakin populer belakangan ini di kalangan pra pendaki, yaitu Raspberry Hutan Kemutung atau dikenal dengan nama lokal "Kemutung." 


Buah yang memiliki nama ilmiah Rubus rosifolius Smith ini memiliki cita rasa yang begitu menggoda dan menyegarkan sehingga dapat membantu haus dahaga pendaki. 


Dalam bahasa lokal (Sembalun-red), Raspberry Kemutung dikenal oleh masyarakat sekitaran kaki Gunung Rinjani sebagai buah "Kemutung." 


Pohon Raspberry ini termasuk dalam famili Rosaceae dan memiliki bentuk perdu (semak) dengan batang tegak atau memanjat yang tingginya bisa mencapai 1 meter hingga 2,5 meter. Serta batangnya memiliki duri-duri yang menempel dan berbulu, memberikan ciri khas tersendiri.


Buah Raspberry Kemutung, memiliki warna hijau ketika masih muda, namun saat matang, berubah menjadi merah muda yang sangat menggoda.


Pada tahap kematangan, buah Kemutung ini dapat dikonsumsi langsung. Pun rasanya berpaduan antara manis, asam sehingga membuat warga setempat maupun pendaki ketagihan. 


Akan tetapi, penting untuk diingat, jangan terlalu berlebihan dalam memetiknya agar pendaki lain juga bisa menikmati kelezatannya.


Para pendaki yang telah mencicipi Raspberry Kemutung menggambarkan rasanya yang segar dan membuat ketagihan.


Rasanya yang unik dan lezat membuatnya menjadi camilan favorit selama pendakian Gunung Rinjani.


Jadi, jika Anda adalah salah satu SemetonRinjani yang suka menyemilinya saat pendakian, pastikan untuk berbagi kelezatan buah Raspberry Kemutung ini dengan pendaki lainnya. 


Dan ingatlah untuk menjaga alam dan tumbuhan setempat agar bisa terus dinikmati oleh generasi mendatang. 


Selamat menikmati Raspberry Kemutung di jalur pendakian Gunung Rinjani.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menikmati Kelezatan Raspberry Hutan, Kemutung Saat Pendakian di Rinjani

Trending Now