Putri Rinjani Gencar Sosialisasikan Kesadaran Persiapan Pendakian Gunung Rinjani.

Rosyidin
Minggu, Oktober 22, 2023 | Oktober 22, 2023 WIB Last Updated 2023-10-21T16:12:28Z
Putri Rinjani memberikan informasi menganai peta pendakian Gunung Rinjani kepada sejumlah pendaki mancanegara. (Foto: Rosyidin/MP).

MANDALIKAPOST.com - Putri Rinjani, gencarkan sosialisasi kesadaran dan persiapan pendakian  dengan menyapa langsung para wisawatan yang hendak mendaki Gunung Rinjani di Pos Resort Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Sembalun, Sabtu (21/10).


Putri Rinjani, merupakan sebuah kelompok yang terdiri dari para gadis cantik berasal dari suku Sasak asli. Giat tersebut bagian dari dedikasi mereka dan kepedulian terhadap kelestarian Gunung Rinjani. 


Dengan senyuman ramah, mereka menyambut dan berbicara kepada para calon pendaki yang datang untuk melakukan registrasi di Pos Resort TNGR Sembalun.


Pantauan media ini, terlihat para wisawatan lokal, domestik maupun wisawatan manca negara sangat antusias mendengarkan pemaparan dari gadis-gadis cantik ini akan pentingnya tentang SOP pendakian maupun non pendakian.


Hal ini disampaikan lansung oleh salah satu Putri Rinjani, Gita Husnul Imrohatusoliah kepada media ini saat dikonfirmasi di Sembalun bahwa, mereka menyampaikan tiga hal poin penting terkait pendakian.


Pertama adalah SOP Pendakian, kemudian pengelolaan sampah dan yang tak kalah pentingnya adalah persiapan Search and Rescue (SAR) atau tentang keselamatan pendakian.


"Tiga hal penting itu yang kita sampaikan kepada wisawatan, paling tidak tiga poin dasar itu diketahui sebelum melakukan pendakian ke Gunung Rinjani," jelas Gita, sembari tersenyum manis.


Selain bertemu langsung dengan para wisatawan, Putri Rinjani juga gencar menjalankan kampanye sosialisasi melalui media sosial (medsos) seperti Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya. 


Mereka menyadari, bahwa banyak netizen yang mencari informasi tentang pendakian di Gunung Rinjani maupun non pendakian terkait proses pendaftaran melalui aplikasi e-Rinjani.


"Ini yang kedua kalinya kami sosialisasi secara tatap muka, dan kami selalu aktif sosialisasi melalui medsos,"tuturnya.


Lebih lanjut, Gita merupakan gadis asal Tanjung Teros ini menambahkan, bahwa sosialisasi ini tidak terbatas pada hari ini saja. Kegiatan tersebut dilakukan selama dua hari dan akan terus dilakukan di tempat-tempat obyek wisata yang ada di Pulau Lombok.


Pada hari pertama, mereka melakukan sosialisasi wisata pendakian di Pos Resort TNGR Sembalun, Bukti Gedong, Bukit Malang, Sebau, dan Propok.


Sedangkan hari kedua, di hari Minggu 22 Oktober 2023, kami akan lakukan sosialisasi di Pos Resort TNGR Joben, Ulem-ulem, dan Otak Kokok Joben, serta sejumelah destinasi wisata lainnya," ujar Gita. 


Untuk diketahui, sosialisasi yang dijalankan oleh Putri Rinjani, ini merupakan bagian dari visi dan misi pengelolaan kawasan wisata Gunung Rinjani.


Visinya, menjadi destinasi pendakian gunung kelas dunia, sementara misinya adalah melestarikan keindahan Gunung Rinjani dan seluruh ekosistem yang ada didalam kawasan TNGR serta untuk mendukung pengembangan pariwisata dan pembangunan daerah yang selaras.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Putri Rinjani Gencar Sosialisasikan Kesadaran Persiapan Pendakian Gunung Rinjani.

Trending Now