Lombok Utara Bangun Rumah Produksi VCO Berbasis Masyarakat

MandalikaPost.com
Selasa, Agustus 27, 2019 | 13.46 WIB
Bupati Lombok Utara Dr H Najmul Akhyar meletakan batu pertama rumah produksi VCO di Desa Sokong, Tanjung, Lombok Utara. 


LOMBOK UTARA - Pemda Lombok Utara membangun rumah produksi Virgin Coconut Oil (VCO) berbasis masyarakat.

Peletakan batu pertama pembangunan rumah produksi VCO dilakukan Bupati Lombok Utara Dr H Najmul Akhyar SH MH, Senin (26/8)  di Desa Sokong, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara.

Pembangunan rumah produksi VCO dan gudang pengolahan minyak kelapa ini merupakan bagian program Pilot Inkubasi Inovasi Desa - Pengembangan ekonomi lokal (PIID-PEL) Kemendes, PDT dan Transmigrasi tahun 2019 yang dikerjakan Tim Pengelola Kegiatan Kemitraan (TPKK) Lombok Utara.

Bupati Najmul menekankan dua hal penting yang saat ini menjadi indikator pembangunan daerah.

"Yang pertama ada inovasi, yaitu temuan baru yang tidak biasa kita lakukan tetapi berdampak bagi kesejahteraan masyarakat. Dan kedua, dukungan teknologi," katanya.

Menurutnya, suatu inovasi itu tak harus mahal tetapi bisa menjangkau banyak orang. Semangat tersebut yang harus dikembangkan.

"Saya pesankan pada kawan-kawan pengelola rumah produksi agar berinovasi dan bisa mensosialisasikan produk dari olahan produksi," kata Bupati Najmul.

Peletakan batu pertama dihadiri anggota DPRD Lombok Utara, Made Kariyasa,  Sekretaris Kecamatan Tanjung Nartodi, Kades Sokong Sutono, para Mahasiswa KKN UMM, serta tamu undangan lainnya.

Sementara itu, Kadis DP2KBPMD Lombok Utara, Drs H Holidi MM menjelaskan,  peletakan batu pertama  pembangunan Rumah Produksi dan Gudang VCO merupakan program yang digagas dari Kementerian Desa PDT yang diinisiasi sejak tahun 2018.

Program itu dalam rangka membangun kemitraan pengelolaan antar kelompok yang ada di Desa, dan bisa menghasilkan produk unggulan di masing-masing desa.

"Desa Sokong termasuk yang mengembangkan produk fokus pada kelapa. Usulan program selanjutnya, rencana dibangun rumah olahan produksi pengembangan produk Kakao, dan Kopi," katanya.

Kabupaten Lombok Utara merupakan salah satu dari 15 kabupaten/kota yang memperoleh dukungan program dari Kemendes, PDT dan Transmigrasi dalam rangka pengembangan produk unggulan daerah.

Selain itu pula, pihak TPKK dan desa mengelola produk unggulan mendapat pendampingan dari pemerintah dalam hal ini Kemendes PDT dan Transmigrasi RI.

"Kami berharap TPKK Desa Sokong, bisa membangun kemitraan yang sebaik-baiknya dengan seluruh mitra kerja dalam rangka pengembangan Kelapa. Kemitraan bukan hanya DP2KBPMD tetapi kemitraan juga dijalin oleh OPD terkait yang memiliki peran seperti pemasaran dan kesehatan," imbuhnya.

Ketua TPKK Desa Sokong Lingga Pelandika mengatakan, peletakan batu pertama rumah produksi VCO dan minyak kelapa di halaman kantor Desa Sokong merupakan sebuah pilot program inkubasi pengembangan ekonomi desa yang difasilitasi Dinas DP2KBPMD Lombok Utara. Mulai dikerjakan sejak Oktober 2018.

Dinas DP2KBPMD Lombok Utara melalui Pokja PIID-PEL merekomendasikan produk VCO dan Minyak Kelapa agar dapat dikembangkan menuju pemasaran produk yang berskala nasional.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lombok Utara Bangun Rumah Produksi VCO Berbasis Masyarakat

Trending Now