Iklan

Satgas Karhutla NTB Padamkan Kebakaran Hutan di Lombok Utara

MandalikaPost.com
Senin, Agustus 19, 2019 | 08:33 WIB Last Updated 2019-08-19T01:33:08Z
Kapolda NTB Irjen Pol Drs Nana Sudjana memberikan arahan kepada jajaran Satgas Karhutla di lokasi kebakaran di Nipah, Lombok Utara. (Foto: Humas Polda NTB)

MATARAM - Kebakaran kawasan hutan di Nipah, Lombok Utara, Minggu (18/8) berhasil dipadamkan Senin dinihari (19/8) setelah Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi NTB turun tangan.

Penanganan kebakaran dipantau langsung oleh Kapolda NTB Irjen Pol Drs Nana Sudjana dan Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah.

"Kebakaran terjadi Minggu soresekitar pukul 15.00 Wita di Dusun Nipah Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, dan berhasil dipadamkan oleh Satgas Karhutla Polda NTB sekitar pukul 01.00 Wita (Senin dinihari)," kata Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Purnama SIK, Senin (19/8) di Mataram.

Dijelaskan, lokasi kebakaran merupakan lahan semak belukar ini terjadi di Dusun Nipah tidak jauh beda dengan lokasi kebakaran pada hari Kamis lalu dimana kondisi masih musim kemarau, angin yang kencang dan terdapat banyak pohon yang kering pada lokasi tersebut.

Dipaparkan, kebakaran pertama kali diketahui warga sekitar pukul 11.00 Wita dan makin membesar dan meluas. Sekitar pukul 15.00 Wita.

Sekitar pukul 16.00 Wita api kebakaran dapat dipadamkan oleh 6 personil Polsek Pemenang, 8 orang dari petugas Damkar serta dibantu oleh masyarakat sekitar dengan menggunakan alat seadanya sehingga api dapat di padamkan.

Tapi pada pukul 17.00 Wita api muncul kembali di titik yang berbeda berdekataan dengan lokasi yang pertama dan merambat sampai ke lahan Dusun Pandanan.

Pemadaman api dipimpin langsung oleh Kapolres Lombok Utara AKBP Herman Suriyono SIK beserta PJU Polres Lotara dan orang personel Polsek Pemenang Polres Lombok Utara, 8 orang dari petugas Damkar serta dibantu oleh masyarakat sekitar dengan menggunakan alat seadanya sehingga api dapat dipadamkan.

Purnama menjelaskan, pada 21.00 Wita, Minggu malam, Kapolda NTB Irjen Pol Nana Sudjana memantau langsung lokasi kebakaran didampingi sejumlah pejabat tinggi Polda NTB, dan juga Bupati Lombok Utara H Najmul Akhyar.

Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah juga tiba di lokasi tak lama berselang, bersama sejumlah pejabat Pemprov NTB.

"Api dapat dipadamkan sekitar pukul 01.00 wita, Senin dinihari ini oleh Satgas Karhutla," kata Purnama.

Menurutnya, Satgas Karhutla NTB saat ini masih standby untuk mengantisipasi munculnya titik api kembali, melihat angin berhembus cukup kencang.

"Dihimbau kepada masyarakat pengguna jalan raya sekitar area agar tidak membuang puntung rokok sembarangan," kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Purnama SIK. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Satgas Karhutla NTB Padamkan Kebakaran Hutan di Lombok Utara

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online