Iklan

Mantap, Ditlantas Polda NTB Raih Juara Satu IRSMS Korlantas Polri

MandalikaPost.com
Selasa, Agustus 25, 2020 | 15:08 WIB Last Updated 2020-08-25T08:10:16Z
Penyerahan hadiah simbolik kepada operator IRSMS Ditlantas Polda NTB.

MATARAM - Kinerja Direktorat Lalu Lintas Polda NTB di bidang Integrated Road Safety Management System (IRSMS) meraih predikat terbaik nasional, dalam ajang lomba yang digelar Korlantas Polri.

Lomba tahunan ini diikuti seluruh jajaran Ditlantas Polda dan Satlantas Polres seluruh Polda berupa lomba pendataan IRSMS.

Untuk periode 2019, Ditlantas Polda NTB mendapatkan juara l (Pertama) untuk Polda Tipe B. Dalam Kepkorlantas Nomor 147/VIII/2020, disusul Ditlantas Polda Kaltim dan Kalsel diurutan dua dan tiga.

Prestasi Ditlantas Polda NTB ini mendapat apresiasi dari PT Jasa Raharja dengan memberikan hadiah umroh kepada Operator IRSMS Ditlantas Polda NTB.

"Alhamdulillah atas kerjasama yang baik yang telah dilaksanakan antara Polda dan Polres jajaran khususnya Ditlantas dan Satlantas Res, kita berhasil raih juara pertama," kata Direktur Lalu Lintas Polda NTB Kombes Pol Noviar, S.I.K, Selasa (25/8) di Mataram.

Dijelaskan, Korlantas Polri mempunyai sistem informasi modern bernama IRSMS (Integrated Road Safety Management System). Program hasil kerja sama dengan Bank Dunia ini untuk mendapatkan informasi kejadian kecelakaan lalu lintas yang spesifik dan akurat dari seluruh Indonesia.

Program ini berkaitan dan terintegrasi. Tapi untuk pemangku kepentingan yang lain (PU, Kemenhub, Bappenas) untuk saling mengisi informasi. Masyarakat sendiri tentunya sudah web base, ini juga nantinya bisa diakses masyarakat.

Pelaksanaan program ini oleh Ditlantas Polda NTB di wilayah Provinsi NTB dinilai baik dan mampu menjadi contoh daerah lainnya. Dibuktikan dengan terpilihnya Ditlantas Polda NTB sebagai juara pertama dalam lomba Korlantas Polri.

Kombes Noviar mengatakan, penghargaan ini sebagai wujud prestasi dan sinergitas semua elemen yang terlibat.

"Perlu diketahui bahwa pendataan IRSMS yang tepat waktu dan lengkap pengisian datanya yang valid dan obyektif membantu dalam menganalisis dan menentukan anatomi kecelakaan yang selanjutnya dapat dilakukan pengidentifikasian masalah penyebab lakalantas untuk mencari solusi dan penentuan Cara bertindak dan Target mulai dari jangka pendek sampai dengan jangka panjang," katanya.

Menurut Kombes Noviar, data yang akurat terkait IRSMS adalah menentukan tepatnya program pencegahan terjadinya kecelakaan.

"Muaranya adalah menurun dan terkendalinya kasus kecelakaan dan fatalitas korbannya. Sehingga menurun resiko kematian atau luka berat akibat korban kecelakaan lalulintas di jajaran Polda NTB," jelasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mantap, Ditlantas Polda NTB Raih Juara Satu IRSMS Korlantas Polri

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online