Iklan

Peduli Lansia, SALAM Gagas Poliklinik Khusus di Kota Mataram

MandalikaPost.com
Sabtu, Oktober 10, 2020 | 12:02 WIB Last Updated 2020-10-10T05:07:11Z
Calon Walikota Mataram Hj Putu Selly Andayani dalam sebuah kegiatan sosial untuk Lansia di Kota Mataram. (Dok/Istimewa)

MATARAM - Pasangan Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Mataram, Hj Putu Selly Andayani dan TGH Abdul Manan (SALAM) menggagas penyediaan Poliklinik Khusus Lansia (Polisia) di Kota Mataram jika terpilih ke depan.


Gagasan ini muncul setelah pasangan nomor urut 2, SALAM melihat kondisi di lapangan dan menyerap aspirasi masyarakat selama melakukan blusukan menyapa masyarakat Kota Mataram.


"Kita lihat ternyata permasalahan sosial khususnya para lanjut usia (Lansia) ini sangat memprihatinkan. Saya melihat langsung ada sepasang suami istri yg sudah tua sekali hanya tidur beralaskan tikar plastik. Rumahnya juga kumuh dan tidak layak," kata Calon Walikota Mataram, Hj Putu Selly Andayani, Jumat malam (9/10) di kediamannya di Kekalik, Kota Mataram. 


Selly mengatakan, penanganan  permasalahan sosial untuk para Lansia akan menjadi salah satu program utama bila SALAM terpilih menjadi Walikota dan Wakil Walikota dalam Pilkada Kota Mataram mendatang.


"Kita sudah luncurkan program Rantang SALAM untuk memberikan makanan kepada para Lansia tidak mampu di Kota Mataram. Selain itu nantinya SALAM akan membuat POLISIA yaitu Poliklinik  khusus Lansia yang akan memberikan pelayanan kesehatan gratis khusus para lansia yang ada di Kota Mataram," katanya.


Menurut Selly, Polisia akan merekrut Tenaga Kerja baru yaitu  para Tenaga Kesehatan atau Perawat.


Polisia ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis seperti pengecekan tensi tekanan darah, suhu tubuh, juga pengecekan kolesterol, asam urat dan gula darah. Selain itu, Polisia juga akan menyediakan kegiatan Konseling Keluarga secara gratis untuk para Lansia.


"Mereka para Lansia adalah orang tua kita yang harus dihormati dan disayangi, sehingga harus menjadi perhatian kita bersama," ujar Selly Andayani.


Dipaparkan, dalam operasionalnya nanti, Polisia akan bekerjasama dengan berbagai institusi yang bergerak di bidang kesehatan seperti Fakultas Kedokteran Unram, Puskesmas maupun Rumah Sakit Kota Mataram. 


"Intinya bila kami duduk sebagai Walikota Mataram nanti, maka kami akan memperhatikan semua Lansia yang ada,  baik para pensiunan pegawai negeri maupun swasta," katanya.


Sebelumnya pasangan SALAM jga sudah meluncurkan program penanganan lansia melalui "Rantang SALAM" dengan cara memberikan makanan gratis beserta susu dan buah segar kepada lansia Pra Sejahtera di Kota Mataram. 


"Rantang SALAM kita jalankan setiap hari. Kami melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Kota Mataram beserta Orsos Lansia untuk data Lansia serta membentuk tenaga Pekos Salam  (Pekerja Sosial) sebagai pelaksana kegiatan," tukasnya. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peduli Lansia, SALAM Gagas Poliklinik Khusus di Kota Mataram

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online