Iklan Yamaha

Pokdarwis Tunak Muda Siap Kembangkan Potensi Wisata Desa Bilok Petung Sembalun

MandalikaPost.com
Rabu, Januari 13, 2021 | 21:41 WIB Last Updated 2021-01-13T14:42:14Z
Pengukuhan pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Bilok Petung, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur. (Foto : Rosyidin/MP)

LOMBOK TIMUR - Potensi wisata di Desa Bilok Petung di Kecamatan Sembalun, Lombok Timur akan dikembangkan lebih baik dengan keberadaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tunak Muda.


Pemdes Bilok Petung juga siap mendukung program Pokdarwis, baik dari pendampingan program maupun anggaran yang dibutuhkan.


"Kita dari Pemdes, selalu siap mendukung adik-adik Pokdarwis. Dan kita akan support juga pendanaannya melalui dana APBDes," kata Kepala Desa Bilok Petung, Rusdi S.Pd., usai pengukuhan pengurus Pokdarwis Tunak Muda, Rabu (13/1) di Sembalun, Lombok Timur.


Pengukuhan pengurus Pokdarwis Tunak Muda Periode 2021-2026 itu dihadiri perwakilan Dinas Pariwisata Lombok Timur, Camat Sembalun, Mertawi S.Pd., para tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.


Rusdi memaparkan, Desa Bilok Petung memiliki beberapa destinasi wisata alam dan wisata religi yang menarik dan berpotensi dikembangkan. 


Di Desa ini ada kawasan air terjun Madu, air terjun Umar Maya dan air terjun Dewi Selendang. Sementara untuk destinasi wisata religi, ada Bale Lokaq dan tempat bersejarah lainnya.


Ia berharap, Pokdarwis Tunak Muda bisa membuat program-program untuk potensi wisata yang ada. Mulai dari pembenahan destinasi hingga pada promosi dan pengelolaan nantinya.


Rusdi mengatakan, Desa Bilok Petung memang masih jauh tertinggal dibanding desa-desa lain yang ada di Sembalun. Baik dari sisi SDA dan atau SDM kepariwisataannya. Namun pembentukan Pokdarwis ini diharapkan mampu membuat potensi wisata di desa tersebut bisa maksimal dikembangkan ke depannya. 


"Tentunya kami membutuhkan bimbingan dan dukungan dari semua stakeholder yang ada, sehingga pemuda pemudi yang ada di desa kami bisa mengimbangi desa lainnya yang sudah maju khususnya di sektor pariwisata," katanya.


Rusdi berharap para pengurus Pokdarwis Tunak Muda bisa menjalankan tugas dan peran mereka dengan baik. Apalagi Pokdarwis merupakan ujung tombak pariwisata di Desa.


"Kuncinya komunikasi, sinergitas dan kolaborasi dengan semua pihak harus ditingkatkan. Dan yang tidak kalah penting adalah mencari jaringan seluas-luasnya," katanya.


Camat Sembalun Mertawi S.Pd., mengapresiasi pengukuhan Pokdarwis Tunak Muda di Desa Bilok Petung. Ia berharap kehadiran Pokdarwis bisa meningkatkan sektor pariwisata di Desa setempat.


"Dengan terbentuknya Pokdarwis ini Desa Bilok Petung menjadi contoh bagi desa-desa lain di Kecamatan Sembalun. Terutama untuk mengelola destinasi wisata dengan baik, baik itu kebersihan, keamanan dan kenyamanan para pengunjung," katanya. 


Sembalun sudah menjadi salah satu destinasi yang cukup ternama di Lombok, NTB, karena posisi strategisnya sebagai jalur masuk pendakian Gunung Rinjani.


Mertawi mengatakan, pengembangan desa-desa wisata di daerah itu harus terus dilakukan untuk mendukung potensi wisata, sekaligus membuka peluang-peluang ekonomi di tengah masyarakat.


Sementara itu Ketua Pokdarwis Tunak Muda, Indrawan mengatakan, pihaknya akan berupaya dan ikhtiar mengembangan potensi wisata yang ada di Desa Bilok Petung.


"InsyaAllah amanat yang diberikan sebagai Pokdarwis, kami akan berikhtiar optimal untuk pariwisata Desa Bilok Petung ini," katanya.


Kepengurusan Pokdarwis Tunak Muda berjumlah 20 anggota yang merupakan anak-anak muda desa setempat. Mendampingi Indrawan sebagai Ketua, Iwandi sebagai Wakil Ketua, Abdul Azis sebagai Sekretaris dan Julis Efendi sebagai Pokdarwis. (Rosyidin)  


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pokdarwis Tunak Muda Siap Kembangkan Potensi Wisata Desa Bilok Petung Sembalun

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online