Iklan BNS

Gernas BBI di Mandalika Lombok akan Dibuka Menko Marives dan Dihadiri Menparekraf

MandalikaPost.com
Jumat, Februari 26 | 16.37 WIB
Wagub NTB Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah bersama Dirpamobvit Polda NTB Kombes Pol Abi Darrin, Kepala BI NTB Heru Saptaji, dan Kepala Dinas Pariwisata NTB, H Lalu Moh Faozal, dalam jumpa pers persiapan Gernas BBI dan Bangga Berwisata Indonesia, Jumat (26/2), di Mataram.

MATARAM - Kepala Dinas Pariwisata NTB, H Lalu Moh Faozal mengatakan, kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia akan dibuka oleh Menko Maritim dan Investasi (Marives) Luhut Binsar Panjaitan pada 3 Maret 2021 di kawasan The Mandalika, Lombok Tengah NTB. 


"Sudah ada rapat koordinasi yang dipimpin pak Menko Marives, dihadiri Gubernur BI. Bahwa Gernas BBI di Mandalika akan dibuka oleh Menko Marives, bapak Luhut. Kita lihat nanti apakah pak Menko datang atau secara online. Tapi dipastikan acara ini akan dihadiri oleh Menparekraf Sandiaga Uno," kata Faozal, dalam jumpa pers persiapan Gernas BBI dan Bangga Beriwisata di Indonesia, Jumat (26/2) di Islamic Center NTB, Kota Mataram.


Kegiatan jumpa pers menghadirkan Wakil Gubernur NTB Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah, Kepala BI NTB Heru Saptaji, Direktur Pam Omvit Polda NTB, Kombes Pol Abi Darrin, Assisten II Setda Provinsi NTB Ir H Ridwansyah, dan Kepala Dinas Perindustrian NTB, Hj Nuryanti.


Menurut Faozal, Gernas BBI dan Bangga Berwisata di Indonesia ini merupakan kegiatan Bank Indonesia bersinergi dengan Kemenparekraf. Tujuannya untuk meningkatkan semangat bela beli produk UMKM, dan juga semangat untuk mendorong bangkitnya sektor pariwisata nasional.


Ia menjelaskan, rangkaian kegiatan akan dilaksanakan selama satu bulan di kawasan The Mandalika, Lombok Tengah, secara hybrid.


Di daerah, Gernas BBI dan Bangga Berwisata di Indonesia akan melibatkan Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM, serta Dinas Pariwisata.


"Pelaksanaan kegiatan secara hybrid, sehingga ada kegiatan yang dilakukan secara offline namun dengan penerapan standar protokol kesehatan dan CHSE, dan ada juga yang dilakukan dengan online," katanya.


Wagub NTB Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah mengatakan, terpilihnya Mandalika  sebagai tuan rumah Gernas BBI dan Bangga Berwisata di Indonesia, menjadi sebuah kebanggaan sekaligus penyemangat bagi NTB.


"Alhamdulillah NTB terpilih menjadi 

tuan rumah Gernas BBI. Apalagi di NTB sejak awal sudah melakukan itu, karena salah satu tujuan (program) industrialisasi, itu adalah supaya produk buatan NTB lebih kita cintai, kita gunakan dengan bangga," kata Wagub Rohmi.


Wagub Rohmi mengatakan, Mandalika sebagai salah satu destinasi wisata yang  terindah di dunia, juga menjadi kebanggaan NTB. Sehingga kegiatan seperti Gernas BBI juga akan mempromosikan kawasan Mandalika secara khusus.


"Kita juga berharap agar event-event di Mandalika bisa membantu membangkitkan sektor kepariwisataan kita yang memang sedang terdampak dengan Pandemi. Tentu saja, semua event tetap harus dilaksanakan dengan panduan CHSE dan penerapan protokol kesehatan," tukasnya.


Kepala Bank Indonesia NTB, Heru Saptaji menjelaskan, persiapan Gernas BBI sudah dilakukan bersama Dinas Pariwisata, stkaholders terkait termasuk Polda NTB.


"NTB dapat kehormatan sebagai tuan rumah, sehingga persiapannya pun kita buat sebaik mungkin. Sudah satu bulan kita persiapkan termasuk rakor intensif dengan melibatkan Polda NTB," kata Heru.


Ia mengatakan, rangkaian acara Gernas BBI dan Bangga Berwisata di Indonesia antara lain pembukaan yang akan dilakukan pada 3 Maret oleh Menko Marives Luhut BP.


Sementara rangkaian kegiatan akan dilaksanakan selama satu bulan penuh.


"Pembukaan dan showcase UMMK bisa juga diakses virtual atau online. Selain itu ada kegiatan bussines mathcing yang mempertemukan pelaku UMKM dengan para buyer. Ada juga talkshow dan wisata virtual dengan salah satu desa wisata di NTB yang akan ditampilkan," katanya.


Kegiatan tersebut juga akan menghadirkan Fashion Show, untuk menunjukan komitmen NTB sebagai sentra industri muslim fashion.


"Kegiatan dilakukan satu bulan penuh. Yang jelas mari kita tingkatkan kecintaan terhadap produk lokal dengan membeli produk lokal. Setiap rupiah yang kita keluarkan untuk produk lokal akan sangat mendukung," katanya.


Sementara itu, Direktur Pengamanan Obyek Vital Polda NTB, Kombes Pol Abi Darrin mengatakan, Polda NTB sangat mendukung kegiatan BBI dan Bangga Berwisata di Indonesia yang akan dilaksanakan di Mandalika, Maret mendatang.


"Apa yang menjadi program Pemprov NTB, Polda NTB sangat mendukung. Apalagi kegiatan seperti ini sangat membantu perekonomian masyarakat di masa pandemi saat ini," kata Kombes Abi Darrin.


Menurutnya, sektor ekonomi saat ini menjadi atensi bersama. Sebab, hal ini berkaitan erat dengan keamanan.


"Kegiatan yang berkaitan dengan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sangat diperlukan. Sebab jika masyarakat tidak sejahtera maka dampaknya bisa ke masalah sosial dan keamanan, akan ada dampak terjadi kasus pencurian dan lainnya. Sehingga kegiatan seperti ini harus kita dukung," katanya.


Kombes Abi Darrin mengatakan, meski demikian, setiap kegiatan yang ada harus tetap menerapkan standar protokol kesehatan sesuai aturan.


"Agar aktivitas perekonomian berjalan, namun aspek kesehatan di masa pandemi juga harus tetap kita terapkan dengan baik," tukasnya. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gernas BBI di Mandalika Lombok akan Dibuka Menko Marives dan Dihadiri Menparekraf

Trending Now

Iklan