Nginap di Sembalun, Sandiaga Uno Yakin Dengan Kebangkitan Pariwisata NTB

Ariyati Astini
Jumat, Mei 07, 2021 | 19.35 WIB

 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreastif Sandiaga Uno dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah saat berada di Sembalu Lombok Timur


MATARAM- Pengembangan Wisata di Lotim Bebasis Alam, Budaya dan Ekonomi Kreatif diapresiasi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf), Sandiaga Uno. Ia mengaku bangga dengan pengembangan desa wisata Sembalun yang mengkolaborasikan potensi alam yang indah dengan budaya. 


Bahkan Sandiaga Uno yakin, dengan tata kelola pengembangan desa wisata seperti ini, pariwisata NTB bisa segera pulih dan bangkit, tentunya dengan kolaborasi dan inisiasi oleh berbagai pihak. 


“Kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif ini kita sudah melihat potensinya di Sembalun. Ini tentu bisa membuka peluang kerja seluas-luasnya dan peluang usaha bagi masyarakat lokal,” kata Menteri ketika bersama Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan Bupati Lombok Timur H Sukiman Azmi mengunjungi ketika berkunjung dan menginap di Desa Wisata Sembalun, Jumat (7/5/2021).


Dari laporan pengusaha wisata di Sembalun ini, Menteri mendengar jika terjadi peningkatan tingkat hunian Hotel dan home stay. Hal ini bagi Menteri merupakan sinyal-sinyal kebangkitan kearah pemulihan pariwisata berbasis  wisatawan nusantara. 


“Dan karena kita akan meluncurkan gelar hibah wisata jilid dua tahun 2021, kita harus pastikan Lombok Timur ini juga masuk. Karena tahun lalu  tidak sempat masuk dalam program ini. Saya harapkan Bupati dan Kadis Pariwisata Lombok Timur untuk menyiapkan data-datanya dan langsug berkoordinasi dengan Kemenparekraf karena realisasinya ini sudah ada di tahap akhir. Karena ini sudah ada sinyal, kita harapkan bisa dieksekusi di paruh kedua tahun ini dan bisa membantu para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang betul-betul membutuhkan,” ujarnya disambut tepuk tangan dan senyum hangat Gubernur NTB dan Bupati Lombok Timur.


Terkait dengan multiplier effect dari MotoGP di Mandalika, Menteri berharap agar para wisatawan nanti memiliki opsi untuk mengunjungi beberapa destinasi seperti Gili Trawangan, Sembalun dan desa wisata lainnya. 


“Jadi kita akan siapkan travel-travel yang jaraknya cukup terjangkau dan jalannya juga sudah bagus dan kita sudah mulai siapkan pula akses dan bisa bekerjasama dengan home stay-home stay yang ada. Kita juga ingin pariwisata ini bukan hanya untuk kelas menengah ke atas berbintang, tapi juga bisa menetes ke masyarakat di desa-desa wisata. Dan ini merupakan opsi agar wisatawan bisa marasakan hidup di desa wisata dan alam terbuka,” pungkas Sandi.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Nginap di Sembalun, Sandiaga Uno Yakin Dengan Kebangkitan Pariwisata NTB

Trending Now