Iklan BNS

Turnamen Catur Gunung Rinjani Cup Berlangsung Meriah, Geliatkan Pariwisata Sembalun

Rosyidin
Senin, Agustus 23 | 22.30 WIB
Turnamen Catur Rinjani Cup 2021 diselenggarakan di  Sembalun, Lombok Timur.

MANDALIKAPOST.com - Berbagai macam cara yang dilakukan oleh penggiat parawisata di kaki gunung Rinjani Sembalun, untuk memulihkan perekonomian masyarakat setempat dimasa pandemi Covid-19. Salah satunya Open turnamen catur Sembalun cup diselenggrakan selama tiga hari, dari tanggal 20 hingga 22 Agustus 2021.


Turnamen catur tersebut, didukung oleh Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) NTB. Di ikuti sebanya 44 orang peserta perwakilan dari seluruh Kabupaten/Kota di NTB, serta dimeriahkan oeleh 8 atlet Percasi NTB yang akan mengikuti PON di Papua tahun ini.


Ketua panitia Turnamen Catur Sembalun Cup, Murtadi mengatakan, open turnamen catur tersebut sebagai sport Tourism, dimana selama ini hampir semua iven yang diselenggarakan di Sembalun sifatnya lomba atau kejuaraan gunung saja seperti, lomba lari gunung, sepeda gunung dan lain sebagainya.


“Turnamen catur ini berbeda dengan lomba catur seperti biasa, karena tema yang kita usung sport turizmnya. Maka yang kita adakan ini lomba catur gunung”, ujar Murtadi, dalam sambutannya saat penutupan turnamen catur Sembalun cup di kedai Joglo Ceria Sembalun. Minggu (22/8).


Mengapa diusung sport tourism, menurut Amaq Leo sapaan akrabnya, mereka berpikir bahwa, inilah event yang terbaik dilaksanakan saat dalam suasana dimasa pandemi Covid-19. Disamping itu, bentuk dukungannya terhadap atlet Percasi NTB yang akan mengikuti PON di Papua.  


“Ini salah satu cara kami menggairahkan dunia pariwisata di Sembalun,  agar roda perekonomian masyarakat kita tetap berjalan. Disamping itu, langakah awal mencari bibit-bibit atlet catur di Lombok Timur dan Sembalun khususnya”, kata Murtadi.


Turnamen tersebut, sebagai motivasi anak-anak muda dan memasyarakatkan catur di Sembalun. tidak dipungkiri olahraga yang satu ini banyak digemari oleh semua kalangan masyarakat. Meski demikian sambungnya, baru kali ini diadakan open turnamen catur di Sembalun secara profesional.


Oleh karena itu akan terus diadakan setiap tahun yang lebih meriah. Terlebih dalam turnamen ini ada salah satu peserta dari Sembalun yang masuk dalam 20 besar, artinya peluang bagi para penggemar catur di daerah setempat menjadi atlet catur. 


“Alhamdulillah, turnamen ini bisa berjalan dengan lancar, aman. Dan ada perwakilan kita yang masuk 20 besar, karena kita ambil yang menjadi jura itu dari jura 1 hingga 20”, papar murtadi.


“Innsya Allah dalam waktu dekat, kita akan adakan lagi iven catur. Tapi khusus tingkat sekolah, untuk menjaring bibit muda yang berbakat dalam olah raga catur ini”, imbuhnya.


Sementara itu, Ketua Umum Percasi NTB HM Syamsul Lutfhi, SE., Ms.i. sangat bangga sekaligus mengapreasasi atas kerja keras dan upaya yang telah dilakukan untuk turut membantu Percasi NTB, dalam rangka memasyarakatkan olah raga catur dan sekaligus nantinya akan meningkatkan prestasi catur di Provensi Nusa Tenggara Barat. Olaharaga catur ini diharapkan kedepan, akan menjadi salah satu cabang olahraga (Cabor) andalan NTB.


“Kami dari Percasi NTB, akan terus mendukung Percasi Kabupaten/Kota yang ingin melakukan pembinaan dan meningkatkan prestasi olahraga catur di NTB”, kata Lutfi, di Sembalun.


Lutfi memaparkan, pihaknya akan mengupayakan terlaksananya kejurda catur sebelum para atlet PON berangkat ke Papua, yakni pada bulan September tahun ini.

 

“Mudah-mudahan situasi dan kondisi masa pendemi ini, bisa memungkinkan kita untuk melaksanakan kegitan Kejurda”, harapnya.


Anggota DPR RI dapil NTB ini, pada kesempatan itu juga, menyarankan kepada panitia maupun masyarakat setempat, bahwa Sembalun salah satu destinasi pariwisata yang sangat potensial di NTB, mempunyai keunggulan yang kompetitif dibanding potensi-potensi yang lain. Untuk itu diharapkan kedepan masyrakat Sembalun selalu meningkatkan kepeduliannya terhadap pariwisata.


“Kalau saat ini ada kelompok Pokdarwis, dan sudah berkembang dengan baik. Maka tidak mustahil kita harapkan bisa terujud yang namanya Masdarwis (Masyarakat Sadar Wisata). Berdasarakan pengalam di daerah lain, dengan adanya masdarwis itu sangat mendukung destinasi-destinasi wisata yang ada di daerah setempat. Sehingga memberikan pelayanan terbaik kepada tamu-tamu kita”, jelas Lutfi.


Adapun yang keluar sebagai juara 1 dalam turnamen catur Sembalun cup, Master Fide Hamdani Rudin, pelatih atlet catur Percasi NTB mengaku terkesan mengikuti turnamen tersebut. Yang diselenggarakan oleh Percasi NTB, karena memberikan kesempatan kepada atlet NTB untuk bisa tampil dan bergabung bermain bersma seluruh atelet catur di NTB, lebih khususnya atlet Sembalun. 


“Sembalun ini luar biasa, udaranya sejuk dan masyarakatnya sangat respek terhadap orang asing. Selain itu makanannya enak”, kesan Ramdani.


“Ini kesempatan yang baik, mudah-mudahan kedepannya ada bibit-bibit pecatur dari Sembalun yang bisa tampil di ajang Nasional dan Internasional”, harapnya.


Turnamen ini juga dimeriahkan oleh para master dari luar  dan dalam daerah Lombok. Yakni diantaranya, Master Fide Hamdani Rudin dari Jawa Barat, Master Nasional Miftahurrahman dari Lombok Timur dan Master Nasional Wahyullah dari Bima berhasil meraih point tertinggi pada Turnamen Catur Terbuka Sembalun Cup yang diadakan selama 3 hari (20 - 22 Agustus 2021).


Sistem pertandingan catur cepat 25 menit 9 babak Swiss Manager ini menarik perhatian karena pertama diadakan di Sembalun dan mengusung konsep unik diselenggarakan di 5 kedai kopi dengan tema Wisata - Olahraga - Kuliner.


Turnamen ini digagas oleh pelaku wisata Sembalun  (Murtadi Amaq Leo, Rozak Amaq Shanum, Rudi Amaq Kaldera dan Hamka Abdul Malik), sebagai langkah awal penyelenggaraan lomba bertaraf lebih tinggi. Turnamen mendapatkan pendampingan teknis dari Percasi NTB dan dukungan penuh dari Ketum Percasi NTB Bapak H. M. Syamsul Lutfhi yang juga sebagai Wakil Rakyat di DPR RI.


Satu orang Pecatur dari Sembalun yang berhasil menembus 20 besar dengan point 5, sementara 11 pecatur Sembalun lainnya tetap memperlihatkan kemampuan terbaik walau harus puas di peringkat bawah. Adaptasi terhadap sistem pertandingan, jam terbang, mental bertanding dan strategi menjadikan pengalam tersendiri bagi para atlet Sembalun dan semoga semakin meningkat di kemudian hari.


8 orang Atlit Catur NTB yang akan berlaga di PON Papua turut menambah bergengsi turnamen ini, takluput didoakan oleh panitai dan masyarakat setempat untuk, suksesnya berlaga di PON Papua, jaya selalu untuk KONI NTB dan Percasi NTB.


Yang tak kalah menarik dan menjadi sorotan adalah bibit muda pecatur cilik M. Alpha asal Sikur Lombok Timur yang tampil gemilang meraih point 6 dan meraih peringkat 8.

Para panitia pun mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada semua yang terlibat mensukseskan turnamen tersebut. Terutama kepada Percasi Lotim untuk promosi turnamen, Pemerintah Kecamatan Sembalun, Rumah Bakso Brawijaya atas jamuan pembukaan, Bapak Kasdiono, Hotel Nusantara untuk fasilitas Technical Meeting, Kedai Green Coffe, kedai Leo Food, kedai Coffe Centere, kedai Saihil dan Joglo Ceria sebagai lokasi turnamen, Dan para pemuda setempat. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Turnamen Catur Gunung Rinjani Cup Berlangsung Meriah, Geliatkan Pariwisata Sembalun

Trending Now

Iklan