Konsepsi NTB Fasilitasi Pembentukan Forum Anak Desa di Sembalun

Rosyidin
Jumat, November 19, 2021 | 21.36 WIB
Pembentukan Forum Anak Desa di Sembalun, Lombok Timur. 

MANDALIKAPOST.com - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Lombok Timur meresmikan Forum Anak Desa Sembalun Lawang dan Sembalun Bumbung, Kamis, (18/11/2021).


Pembentukan Forum Anak Desa Sembalun Lawang dan Sembalun Bumbung ini diinisiasi oleh Konsepsi NTB dan Oxfam Indonesia bersama ANCP (Australian NGO Coorporation) di Indonesia atas dukungan dari DFAT (Australian Government Department of Foreign Affair and Trad). 


Pembentukan dan Pengukuhan Forum Anak Desa Sembalun Lawang dan Sembalun Bumbung dilakukan di Bale Adat, Sembalun. Dalam kegiatan ini turut hadir, Kepala Desa Sembalun Bumbung dan Sembalun Lawang, Sekretaris Camat Sembalun dan Kabid PA Kabupaten Lombok Timur. 


Serkapudin S.Sos Selaku Sekcam Sembalun yang juga pernah menjabat sebagai Kabid PA di DP3AKB Kabupaten Lombok Timur menyampaikan pentingnya Forum Anak Desa sebagai salah satu wadah untuk dapat menyalurkan aspirasi anak-anak. 


“Keberadaan Forum Anak ini penting untuk memberikan ruang berekspresi, belajar dan berpendapat terkait pemenuhan hak-haknya,” ucapnya.

 

Terlebih jika melihat banyaknya kasus kekerasan perempuan dan anak, tingginya angka perkawinan usia anak dan perbuatan menyimpang lainnya yang dilakukan oleh anak. 


Tugas Forum Anak Sebagai Pelapor dan Pelopor diharapkan mampu menjadi angin segar dalam mengatasi permasalahan-permasalah tersebut. 


“Harapannya tentu bukan hanya pembentukan Forum Anak semata, namun yang terpenting adalah bagaimana aktifitas Forum Anak ini mampu berkontribusi mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada pada anak itu sendiri,” ujar Serkapudin.


Menyadari berbagai problematika yang ada, Konsepsi NTB berkomitmen mendukung pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak. 


“Kami (Konsepsi; red) berkomitmen untuk mendukung pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak khususnya di level desa. Keberadaan Forum Anak ini penting untuk anak bisa menjaga diri dan menyalurkan bakat mereka untuk hal-hal yang positif,” ucap Nasri selaku Program Manager. 


Lebih lanjut, Husnul Hadi selaku Kabid PA DP3AKB Kabupaten Lombok Timur menyampaikan keberadaan Forum Anak Desa menjadi salah satu bagian penting dalam upaya memutus kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. 


“Sehingga Forum Anak menjadi bagian dari solusi mengatasi permasalahan anak,” ujarnya. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Konsepsi NTB Fasilitasi Pembentukan Forum Anak Desa di Sembalun

Trending Now