Iklan BNS

Curah Hujan Ekstrim Picu Banjir di Sejumlah Wilayah di Lombok

MandalikaPost.com
Senin, Desember 06, 2021 | 11.29 WIB

Data curah hujan Lombok dan Sumbawa 6 Desember 2021. (Sumber: BMKG Mataram)


MANDALIKAPOST.com - Curah hujan ekstrim terjadi di wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat 6 Desember 2021, menyebabkan banjir di sejumlah wilayah.


Stasiun Klimatologi BMKG Mataram menyebutkan, beberapa kejadian curah hujan tinggi dan esktrem terjadi di sekitar wilayah NTB pada tanggal 6 Desember 2021.


Hujan mengguyur secara merata di seluruh wilayah NTB dengan beberapa wilayah mengalami curah hujan tinggi hingga ekstrem.


Data BMKG menyebutkan, Wilayah Cakranegara, Gunungsari, Majeluk, Labuapi , dan Pemenang Timur di bagian barat Lombok serta wilayah Sanggar di Pulau Sumbawa mengalami curah hujan lebih dari 100 mm per hari yang dapat menjadi salah satu penyebab bencana hidrometeorologis.


Curah hujan Gunungsari sebesar 216 mm ini merupakan yang tertinggi yang pernah tercatat di wilayah Gunungsari. Dimana sebelumnya, curah hujan harian tertingginya sebesar 185 mm tgl 29 November 2002


Sejumlah lokasi terdampak banjir cukup parah antara lain perumahan BTN Bhayangkara di Gunungsari Lombok Barat, Perumahan Pondok Indah, Sesela, Gunungsari Lombok Barat.


Tim Basarnas melakukan evakuasi warga terdampak banjir di perumahan Pondok Indah, Sesela, Gunungsari, Lombok Barat.

Basarnas Mataram melakukan proses evakuasi warga terdampak.


Humas Basarnas Mataram, IGL Wiswananda mengatakan, proses evakuasi warga dilakukan bersama tim gabungan BPBD NTB, TNI-Polri dan stakeholders terkait lainnya.


"Untuk peralatan, kendaraan operasional, perahu karet dn mopel, life jacket, ring buoy, dan peralatan air, keselamatan serta peralatan evakuasi lainnya," kata Wiswananda.


Menurut dia, tiga sektor prioritas evakuasi di wilayah Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat.


"Kami ada 3 sektor yang butuh penanganan cepat, yaitu Pondok Indah, BTN Bhayangkara dan Ponpes Nabi Nubu, di Gunungsari," jelasnya.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Curah Hujan Ekstrim Picu Banjir di Sejumlah Wilayah di Lombok

Trending Now

Iklan