NTB Ditargetkan jadi Tuan Rumah Motocross Internasional dan Balapan F1

MandalikaPost.com
Senin, Desember 13, 2021 | 18.03 WIB
Dirut ITDC Abdulbar M Mansoer bersama Kadis PUPR NTB Ir H Ridwan Syah saat berada di Yas Marina Sirkuit, Abu Dhabi.

MANDALIKAPOST.com - Suksesnya dua event balapan dunia World Superbike (WSBK) dan ASIAN Telent Cup (ATC) di Sirkuit Mandalika pada November kemarin, membuat NTB khususnya dan  Indonesia umumnya kini menjadi perbincangan komunitas automotive dunia. Atas kesuksesan itu, Provinsi NTB juga ditargetkan jadi tuan rumah dari berbagai perhelatan balapan dunia seperti Motor Cross Dunia dan Formula 1.


"Insya Allah kalau tidak ada aral merintang,  Februari 2022 kita akan menjadi Tuan Rumah Pre Season of MotoGP yg akan di hadiri oleh mereka yg berlaga di MotoGP untuk mengetes kendaraannya sebagai ajang uji coba," ungkap Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dalam Facebook nya, Sabtu (11/12).


"Pada 20 Maret 2022, Insya Allah kita akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan MotoGP. Event ini 10 kali lebih besar dari WSBK kemarin. Di WSBK ada 25 ribu penonton. Utk MotoGP tidak kurang dari 200 ribu penonton akan berjubel datang ke tempat kita," tulis Bang Zul sapaan akrab gubernur NTB.


Bukan itu saja, kata Bang Zul, bahkan MXGP pun Tahun 2022 kemungkinan besar akan di laksanakan di NTB. Ini bukan kejuaraan Motor Cross biasa tapi event Motor Cross Dunia yang juga akan di hadiri oleh ratusan ribu penonton.


"Untuk MXGP ini saya sedang mencari Lokasi yang pas untuk penyelenggaraannya di Pulau Sumbawa. Motor Cross identik dgn alam yg menantang, dan rasanya Pulau Sumbawa memang pas dan sesuai untuk karakter lomba yg penuh dgn petualangan dan adventures seperti ini," lanjutnya.


Tantangannya adalah bagaimana memobilisir legistik yangg sangat banyak ke Pulau Sumbawa karena bandara-bandara di Pulau Sumbawa belum bisa di darati pesawat berbadan besar. Belum lagi menyediakan akomodasi untuk ratusan ribu penggemar dan penonton MXGP bukanlah hal yang sederhana.


"Tapi saya selalu percaya, Where there is a will, there is a way ! Kalau ada kemauan, Insya Allah Allah akan bukakan jalan nya..amiin," tegas Bang Zul.


Selain Motor Cross dunia, lanjut Doktor Ekonomi Industrial itu, nampak NTB telah dilirik untuk menyelenggarakan balapan mobil Formula 1 di Sirkuit Mandalika. Sebab, pihak Formula 1 sangat tertarik untuk menggelar balapan tersebut di NTB.


"PR kita nampaknya akan nambah lagi. Karena kemarin tim kita dari NTB yang diwakili Kadis PUPR NTB bersama Direktur ITDC sudah bertemu dengan Chairman of Formula 1 Mr Steffan Dominoceli di Abu Dhabi hari ini, dan Formula 1 sangat tertarik utk menyelenggarakan Formula 1 di Sirkuit Mandalika kita," jelasnya.


Namun, ada beberapa hal yang di persyaratkan, dan kalau semua bisa dipenuhi.


"Mudah-mudahan pertengahan tahun 2024 Mandalika sudah bisa menjadi host dari Formula 1 utk pertama kali nya. What a life ! Where there is a will, there is a way !," kata Bang Zul.


Menurut Bang Zul, kalau semua ini dapat sukses diselenggarakan di NTB. Bisa dibayangkan bagaiaman toda ekonomi akan terasa bergeliat bukan hanya buat NTB tapi juga di seluruh Indonesia karena mobiltas penonton yang luar biasa.


"Bisa di bayangkan impactnya buat kita di NTB dan Indonesia. ASIAN Telent Cup (ATC) atau Mini MotoGP juga tetap akan di selenggarakan di Mandalika," tutupnya. 


Sementara itu, Kepala Dinas PUPR NTB, Ir. Ridwansyah yang hadir di Abu Dhabi mewakili  Gubernur menyampaikan aktivitas yang dilakukan mewakili pemerintah provinsi NTB.


"Bersama Bapak Abdulbar M. Mansoer Dirut ITDC diundang oleh pihak FORMULA 1 . Setelah presentasi dihadapan Stefano Domenicali, President and CEO of Formula 1 dan  Chloe Targett- Adams Director, Race Promotion F1, mereka  mengapresiasi  sukses event WSBK, dan menurut mereka keberhasilan penyelenggaraan  motoGP Maret 2022," jelasnya. 


"Pengalaman ITDC saat membawa MotoGP dan WSBK butuh waktu  sekitar 2 tahun. Maka, prakiraan waktu yang ideal Mandalika jadi tuan rumah F1 adalah Tahun  2024. Mari kita bergegas," jelas Dae Ridwan usai hadir langsung di YAS MARINA Sirkuit Formula 1 di ABU DHABI. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • NTB Ditargetkan jadi Tuan Rumah Motocross Internasional dan Balapan F1

Trending Now