Iklan BNS

Capaian Optimal, Polres Terus Kawal Vaksinasi di Lombok Barat

Abdul Rahim
Jumat, Januari 14 | 23.24 WIB
Kapolres Lombok Barat, AKBP Wirasto Adi Nugroho SIK.

MANDALIKAPOST.com - Jajaran Polres Lombok Barat terus mengawal program vaksinasi Covid 19 di wilayah Kabupaten Lombok Barat.


Sejauh ini, capaian vaksinasi di Kabupaten tersebut mengalami trend yang meningkat. Bahkan vaksinasi anak, target 70 persen  sudah berhasil terlampaui.


"Kami terus mengawal program vaksinasi di Lombok Barat, dan alhamdulillah progressnya cukup baik," kata Kapolres Lombok Barat, AKBP Wirasto Adi Nugroho SIK.


Dipaparkan, target vaksinasi dosis pertama ditetapkan 530.173 penduduk, dan capaian saat ini sudah sebanyak 460.272 orang atau sekitar 86,82% yang menerima vaksinasi dosis pertama.


Sedangkan vaksinasi dosis kedua, papar Kapolres Wirasto, jumlah yang sudah divaksinasi sekitar 329.549 penduduk atau 62,6%.


Menurut Wirasto, target vaksinasi dosis kedua harus bisa mencapai 70 persen, sebelum gelaran MotoGP Mandalika, pada Maret mendatang.


"Memang untuk dosis 2 kita ditargetkan sebelum MotoGP kita sudah harus 70%. Ini terus kita upayakan," katanya.


Ia mengakui, beberapa kendala yang terjadi antara lain cukup banyak masyarakat yang menerima vaksin astrazeneca untuk dosis pertama. Sedangkan untuk dosis kedua, vaksin astrazneca masih kosong.


"Tetapi mungkin dalam waktu dekat sepertinya akan di-drop dari Provinsi. Kalau itu sudah di drop kita kemungkinan akan bisa naik untuk dosis 2 dan mencapai target 70% sebelum MotoGP," katanya.


Kapolres Wirasto mengatakan, yang membanggakan adalah capaian vaksinasi anak usia 6 - 11 tahun di Lombok Barat.


Dari target sasaran vaksinasi 78.830 anak yang sudah menerima vaksinasi dosis pertama mencapai 58.998 anak, atau sekitar 74,804%.


"Ini cukup membanggakan bagi kita Kabupaten Lombok Barat dan saya secara pribadi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait Pemda, Dinkes, Camat. Kemudian dari pihak Dinas Dikbud dan Kemenag," katanya.


Ia menjelaskan, komunikasi dan koordinasi yang baik antar lintas stakeholders membuat capaian vaksinasi anak di Lombok Barat berhasil melampaui target nasional.


"Di Lombok Barat, itu sebelum anak-anak masuk sekolah sudah dilaksanakan vaksinasi pada akhir bulan Desember 2021. Sehingga vaksinasi kita yang ditargetkan oleh pemerintah 70% untuk dosis anak, ini kita sudah melampaui target per hari ini 74%. Hal ini berkat komunikasi serta koordinasi antar semua stakeholder yang kita inisiasi dari pihak Polres maupun Pemda sehingga semua bisa berjalan dengan baik," katanya.


Menurutnya, untuk vaksinasi anak dosis kedua akan mulai dilakukan pekan depan.


"Ke depan kita fokus untuk anak-anak ini sudah dosis  2 sehingga harapannya mereka sudah lengkap mendapatkan vaksinasi covid-19 mereka bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka atau PTN itu dengan baik dan dengan aman," ujar Kapolres Lombok Barat AKBP Wirasto Adi Nugroho SIK.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Capaian Optimal, Polres Terus Kawal Vaksinasi di Lombok Barat

Trending Now

Iklan