Iklan BNS

Poltekpar Lombok Sukses Menggelar Dies Natalis ke-6

MandalikaPost.com
Selasa, Mei 10, 2022 | 22.49 WIB

MANDALIKAPOST.com - Poltekpar Lombok sukses menggelar Dies Natalis ke-6. Tema yang diusung Membangun Sumber Daya Manusia yang Berkelanjutan Mandiri dan Berwirausaha. Diumurnya yang ke-6 Poltekpar Lombok terus melangkah lebih maju. 


"Tahun ini, dua program studi baru akan kita buka. Ditambah satu program studi S2," kata Direktur Poltekpar Lombok Herry Rachmat Widjaja, S.Sos., M.M.Par., CHE, Selasa (10/05/2022).


Untuk dua program studi baru tersebut yaitu, D4 Destinasi Pariwisata Berkelanjutan dan D4 Spesial Event. Sementara program studi S2 yaitu S2 Kepariwisataan. "Saat ini, kita sudah memiliki empat program studi," kata Herry. 


Yaitu, program studi D4 Pengaturan Perjalanan, D3 Devisi Kamar, D3 Tata Hidang dan D3 Seni Kuliner. Keberadaan program-program studi tersebut secara langsung menjawab perkembangan dan kemajuan pariwisata NTB. Sehingga lulusan-lulusan Poltekpar Lombok siap kerja dan siap membuka lapangan pekerjaan baru. 


"Kami pastikan lulusan-lulusan Poltekpar Lombok berkualitas dan mumpuni," kata Herry.


Penunjang utamanya yaitu, sumber daya manusia dan kapasitas para dosen terus ditingkatkan. Sertifikasi-sertifikasi dosen juga terus ditambah. Sehingga mereka benar-benar mampu mengaktualisasikan ilmu pengetahuannya masing-masing untuk kalangan mahasiswa. 


"Sebagaimana pesan Pak Menteri, kami juga diminta untuk menambah kuota penerimaan mahasiswa empat kali lipat dari rencana sebelumnya," kata Herry. 


Untuk mengejar target tersebut, Poltekpar Lombok akan bergerak secara masal dan masif. Turun ke sekolah-sekolah dan masyarakat. Tujuannya untuk memperkenalkan Poltekpar Lombok. Sehingga tidak dianggap membeli kucing dalam karung. 


Sesekali, pihak sekolah-sekolah dan masyarakat di undang ke Poltekpar Lombok. Tujuannya lebih dikenal. Dalam Rapat Senat Terbuka Poltekpar Lombok Dies Natalis ke-6 turut hadir Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Faisal.


Kemudian Sekretaris Daerah NTB H Lalu Gita Aryadi, M.Si, sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi NTB, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Loteng H Lendek Jayadi dan perwakilan mahasiswa.


Sementara lewat zoom turut disaksikan Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno dan Wamenparekraf Angela Herlina Tanoesoedibjo. Dalam kesempatan itu, Direktur Poltekpar Lombok Herry Rachmat Widjaja, S.Sos., M.M.Par., CHE melakukan pemotongan tumpeng.


Tumpeng hasil karya mahasiswa Poltekpar Lombok diberikan pertama kepada Sekretaris Daerah NTB H Lalu Gita Aryadi, M.Si. Kemudian pejabat Poltekpar Lombok lainnya. Sekretaris Daerah NTB H Lalu Gita Aryadi, M.Si mengatakan, Poltekpar Lombok telah memberikan banyak kontribusi untuk kemajuan pariwisata Lombok dan Sumbawa. 


"Semoga seiring perkembangan waktu, Poltekpar Lombok semakin maju dan tetap bersama pemerintah memajukan pariwisata daerah," kata Gita. 


Apalagi, NTB saat ini semakin dikenal dunia. Setelah digelarnya perhelatan MotoGP. Event dunia tersebut akan digelar sampai 10 tahun atau sebagaimana kontrak dengan Dorna. Digelar di sirkuit Mandalika Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. 


"Tidak itu saja, kita juga punya sirkuit di Samota Sumbawa dan sirkuit di Lantan Kabupaten Lombok Tengah," kata Gita. Dengan begitu, banyak event-event berskala nasional dan internasional yang digelar di Lombok dan Sumbawa.


Selain itu, NTB juga siap menjadi tuan rumah PON tahun depan," kata pria asal Desa Puyung Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah tersebut. 


Gita optimis kunjungan wisatawan dari seluruh Indonesia dan dunia semakin banyak. Sekarang tinggal bagaimana seluruh komponen masyarakat ikut mendukung. Caranya cukup dengan menjaga kondusifita daerah dan Kamtibmas. 


Lewat zoom, Menparekraf RI Sandiaga Salahudin Uno meminta sumber-sumber daya manusia yang bergerak dibidang pariwisata harus diperbanyak. Enam perguruan tinggi negeri (PTN) dibawah Kemenparekraf RI harus menambah kuota penerimaan mahasiswa empat kali lipat.


Yaitu, Poltekpar Bandung terdapat 10 program studi. Kemudian Poltekpar Bali terdapat delapan program studi, Poltekpar Makassar terdapat delapan program studi dan Poltekpar Medan terdapat delapan program studi, Poltekpar Palembang dengan terdapat program studi dan Poltekpar terdapat Lombok empat program studi.


"Penerimaan mahasiswa melalui dua jalur," kata Sandiaga Uno. Yaitu jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri pariwisata (SBMPTNP) dan jalur mandiri.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Poltekpar Lombok Sukses Menggelar Dies Natalis ke-6

Trending Now

Iklan