Iklan BNS

Sholat Ied di Masjid Nurul Huda Renga, Mayor Inf H Sarbini Sampaikan Pentingnya Berbhakti pada Orang Tua

MandalikaPost.com
Senin, Mei 02, 2022 | 09.28 WIB
Mayor Inf H Sarbini SE.

MANDALIKAPOST.com - Sholat Idul Fitri 1443 Hijriah, Senin pagi 2 Mei 2022, di Masjid Nurul Huda Renga, Mamben Daya, Kecamatan Wanasaba, Lombok Timur berlangsung khidmat.


Bertindak sebagai khotib, Mayor Inf H Sarbini SE menyampaikan pesan tentang pentingnya berbhakti pada kedua orang tua.


Mayor Inf H Sarbini mengatakan, momentum Hari Raya Idul Fitri sebagai hari kemenangan bagi ummat muslim sedunia yang telah mampu melewati godaan dari hawa nafsunya selama sebulan penuh menjalankan puasa dibulan Ramadhan. 


Sanak Keluarga, kerabat, handaitaulan berkumpul untuk saling memberi maaf dihari yang fitri usai melaksanakan sholat Idul Fitri berjamaah di Masjid.


"Keutamaan saling memafkan dan berkumpul keluarga serta mengunjungi orang tua," katanya saat mengisi Khotbah Idul Fitri 1443 H.


Mengingat pentingnya momentum ini Mayor infantri H Sarbini mengingatkan kepada jamaah sholat ied untuk selalu berbakti kepada kedua orang tua dengan mengunjungi dan meminta maaf kepada keduanya terlebih jika orang tua sudah diusia senja. 


"Kita tidak akan pernah tahu sampai kapan kita bisa melihat orang tua kita. Oleh karena itu, selagi ada kesempatan alangkah baiknya dilaksanakan sebaik-baiknya,"terangnya.


Mayor Infantri H Sarbini menyampaikan kewajiban seorang anak berbakti kepada kedua orang tuanya telah diatur oleh Allah SWT dalam Alqur'anAlqur'an surat Al-Isra' ayat 23 yang artinya :


"Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik."


Selain itu ia juga menyampaikan keutamaan berbakti kepada orang tua akan diberikan kemudahan-kemudahan dalam hidupnya dan juga sebagai manifestasi rasa syukur kepada Allah SWT. 


"Allah SWT akan memudahkan jalan kebaikan bagi hamba-hambanya yang menunaikan kebaktiannnya kepada kedua orang tuanya sesuai dengan Hadits Rasulullah SAW, "jelasnya.


Rasulullah SAW telah menggambarkan kehidupan seorang anak yang selalu berbakti kepada kedua orang tuanya akan selalu dinaungi rahmat keberuntungan dan kebaikan dalam hidupnya.


"Siapa yang berbakti kepada orang tuanya, dia akan mendapat keberuntungan dan Allah SWT akan menambah panjang umurnya." (HR Bukhari, Abu Yala, Thabrani, dan Hakim)


"Siapun yang ingin dipanjangkan umurnya dan ditambah rezekinya, maka hendaknya dia berbakti kepada kedua orang tuanya dan menyambung silaturhim." (HR Ahmad dan al-Baihaqi). 


Mayor Infantri H Sarbini dikenal masyarakat sebagai prajurit TNI yang kerap berkeliling mengisi dakwah dari masjid ke masjid diberbagai kabupaten bahkan di sela-sela waktu kerjanya.


"Salah satu amal baik yang wajib kita lakukan adalah berbakti kepada kedua orang tua," katanya.


Mayor Inf H Sarbini mengatakan, peran orangtua bagi setiap insan manusia sangatlah besar. Ibu dengan sabar mengandung selama 9 bulan, kemudian membesarkan dengan kasih sayangnya. Sementara bapak mencari nafkah, rejeki untuk menghidupi keluarga.


Kedua orang tua juga selalu mendoakan yang terbaik bagi anak-anaknya.


Karena itu, ia mengingatkan jemaah yang hadir agar senantiasa berbakti kepada orang tua. Terutama para generasi muda.


"Dahulu kita dirawat dibesarkan dengan penuh kasih sayang. Maka sekarang wajib kita berbakti pada orang tua. Bahkan sebisa mungkin merawat mereka di hari tua," katanya.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sholat Ied di Masjid Nurul Huda Renga, Mayor Inf H Sarbini Sampaikan Pentingnya Berbhakti pada Orang Tua

Trending Now

Iklan