Iklan BNS

Kendala Mesin, Kapal Bermuatan Wisatawan Asing Dievakuasi ke Teluk Nara Lombok Utara

MandalikaPost.com
Minggu, Juni 05, 2022 | 10.14 WIB
Tim SAR saat berupaya mengevakuasi kapal bermuatan wisatawan asing yang mengalami kendala mesin di perairan Selat Lombok, NTB.

MANDALIKAPOST - Sebuah kapal wisata AL II KAI GT 171 yang berangkat dari Pelabuhan Benoa, Bali menuju Labuan Bajo, NTT mengalami kendala pada bagian mesin di perairan Selat Lombok, NTB, Sabtu malam 4 Juni 2022.


Basarnas Mataram berhasil mengevakuasi 26 orang penumpang, terdiri dari 11 kru kapal dan 15 wisatawan asing berkebangsaan India, Jerman, Spanyol, Australia, Amerika Serikat, dan Italia.


Kepala Kantor SAR Mataram Nanang Sigit PH menjelaskan, laporan kendala mesin diterima pihaknya dari Sabarudin, Ketua Koperasi Karya Bahari sekitar pukul 20.48 Wita.


"Permintaan evakuasi sebanyak 26 orang, 11 orang kru kapal dan  sisanya penumpang," kata Nanang.


Menindaklanjuti informasi itu, Tim SAR kemudian diberangkatkan dari Pelabuhan Lembar, Lombok Barat dengan menggunakan kapal Rescue Boat 220 Mataram untuk melakukan evakuasi. 


"Jarak 21,75 Nm menuju lokasi kapal, sesuai titik koordinat yang diberikan oleh nakhoda kapal tersebut," tandasnya.


Nanang menjelaskan, pada Minggu dinihari  5 Juni 2022 sekitar pukul 00.05 Wita kapal tersebut ditemukan sebelah barat perairan Teluk Nara, Lombok Utara, akibat terbawa arus ke arah selatan, kondisi masih bisa berlayar dengan kecepatan rendah.


"Karena dekat, kita arahkan ke Teluk Nara dengan pengawasan hingga dipastikan posisi aman," katanya.


Minggu dinihari sekira Pukul 02.45 Wita, kapal berhasil lego jangkar di lokasi yang ditentukan di Teluk Nara, Lombok Utara.


"Seluruh penumpang dalam keadaan selamat. Beberapa korban merupakan warga negara asing asal India, Jerman, Spanyol, Australia, Amerika Serikat, dan Italia," katanya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kendala Mesin, Kapal Bermuatan Wisatawan Asing Dievakuasi ke Teluk Nara Lombok Utara

Trending Now

Iklan