Iklan BNS

Kualitas Sirkuit Mandalika Dipuji Dorna, Jelang WSBK 2022

MandalikaPost.com
Kamis, November 10, 2022 | 16.56 WIB

Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

MANDALIKAPOST.com - Dorna Sports, S.L. pemegang hak komersial untuk olahraga sepeda motor MotoGP dan WorldSBK. memuji Sirkuit Mandalika yang sudah meningkatkan kualitas lintasan jelang WSBK Mandalika 2022, 11-13 November 2022.


"Setelah mencatat debut di WSBK pada 2021, arena di Indonesia sudah jauh lebih lengkap," tulis pihak Dorna melalui situs resmi DornaSport.


BACA JUGA : Ini Jadwal Lengkap WSBK Mandalika 2022


Beberapa aspek yang menjadi sorotan Dorna adalah perbaikan drainase Sirkuit Mandalika di Tikungan 5 dan 6 sehingga air bisa mengalir dengan baik. Ini bisa menjadi antisipasi jika WSBK Mandalika 2022 kembali diguyur hujan seperti di edisi pertama pada November 2021.



Kemudian Dorna menyinggung perbaikan run-off hingga pengaspalan ulang permukaan lintasan. Ini merupakan tindak lanjut usai mendapat masukan dari beberapa pembalap.


"Di Tikungan 5 dan 6, kerb lintasan sudah dilengkapi dengan optimalisasi drainase dan itu menjadi tahap pertama perbaikan. Kemudian beberapa area run-off juga ditambah, lalu ada resurfacing di lintasan 4,3 km itu," tulis Dorna.


Dorna melaporkan ada 5.000 ton aspal yang dipakai untuk memperbaiki permukaan lintasan Sirkuit Mandalika yang dikerjakan oleh 200 orang. Perbaikan lintasan dipimpin oleh perusahaan asal Italia, Dromo, dengan desain oleh Jarno Zaffrelli.


"Desain sirkuit memperbaiki tingkat kedataran sirkuit seperti halnya perbaikan drainase. Itu dilakukan untuk menghindari genangan air jika ada hujan deras. Untuk memastikan hasil pekerjaan sesuai, sirkuit diratakan sebelum diperiksa dengan pemindai laser di setiap seksi," tulis Dorna.


Campuran aspal juga menjadi perhatian Dorna dalam proses pengaspalan ulang. Terdapat uji coba racikan aspal untuk menemukan formula yang tepat sebelum diaplikasikan ke sirkuit.


Proses pelapisan ulang sirkuit memakan waktu enam hari kerja. Agar pekerjaan bisa selesai tepat waktu, campuran aspal dibuat di pabrik yang mampu memproduksi 240 ton aspal per jam.


"Terdapat 16 mesin berbeda yang digunakan untuk proses ini. Ada empat lapisan aspal yang sudah diselesaikan dalam proses pelapisan. Aspal juga berasal dari Gunung Rinjani di Pulau Lombok, lokasi yang sama dengan Sirtkuit Mandalika untuk mengusung misi keberlanjutan," tulis Dorna.


WSBK Mandalika 2022 akan berlangsung Jumat 11 November hingga Minggu 13 November 2022.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kualitas Sirkuit Mandalika Dipuji Dorna, Jelang WSBK 2022

Trending Now

Iklan