Peran Pemuda Strategis di Tahun Politik, Harus Turut Mencerdaskan

MandalikaPost.com
Rabu, Februari 15, 2023 | 15.13 WIB
Direktur Samada Angi, Herianto.

MANDALIKAPOST.com - Lembaga Kajian Sosial dan Politik, Samada Angi menilai peran pemuda sangat strategis di tahun politik 2024 mendatang.


Direktur Samada Angi, Herianto mengatakan, salah satu peran yang bisa diambil adalah turut mengedukasi dan mencerdaskan masyarakat. Bahkan sejak saat ini.


"Disini peran pemuda sangat strategis. Sebab menjelang tahun 2024, hawa panas pemilu mulai terasa. Bahkan, di tahun 2023 ini di anggap sebagai tahun politik," katanya.


Kajian Samada Angi menemukan, saat ini sudah ada cukup banyak gerakan politik yang mulai dilakukan berupa aktivitas politik dengan cara mendeklarasikan  pencalonan para politikus untuk merebut atau mempertahankan tahta kekuasaannya.


Pada tahun politik, setiap anggota partai politik yang berkontestasi di pemilu tahun 2024, baik yang lama maupun yang baru  akan bersiap menjual harapan demi meraih simpati di masyarakat, dan menjual perubahan yang erat kaitannya dengan hajat hidup orang banyak (orang yang tidak mampu) yang akan disulap menjadi serba gratis.


Herianto menilai, peran pemuda di periode pesta demokrasi ini sangat besar. 


"Tentu sebagai pemuda yang memiliki semangat yang membara dan tingkat pemahaman politiknya lebih baik dibandingkan dengan masyarakat awam. Sehingga kehadiran pemuda  bisa membantu masyarakat untuk mencerdaskan tentang pesta demokrasi," katanya.


Peran pemuda, menurut dia, sangat strategis juga untuk menjaga demokrasi, sekaligus kondusivitas daerah di tahun politik. Mengedukasi masyarakat agar tak terpecah belah hanya karena berbeda pilihan.


"Berbeda pilihan itu hal yang lumrah, dan saling menjagokan calon masing-masing baik di eksekutif maupun legislatif itu biasa. Dan harapan kedepannya, peran pemuda ini mampu membuat masyarakat paham tentang nilai demokrasi yang sebenarnya. Baik memilah visi misi calon dan yang kita anggap bisa berlaku adil ketika terpilih nanti," ujar dia.


"Kita tidak ingin adanya perpecah belahan lagi di pesta demokrasi periode ini, kita menginginkan masyarakat bisa menikmati eufhoria pesta demokrasi sebagaimana mestinya, tanpa harus ada gesekan sesama masyarakat," lanjut Herianto.


Ia menilai keterlibatan pemuda sangatlah besar, baik mengedukasi masyarakat tentang pesta demokrasi, menjaga keamanan di tengah pesta demokrasi berlangsung, dan sebagai agen control masyarakat. 


"Sehingga pesta demokrasi ini berjalan dengan baik dan lancar. Itu harapan kita semua," tukasnya.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peran Pemuda Strategis di Tahun Politik, Harus Turut Mencerdaskan

Trending Now