PLN UIP Nusra Gelar Pengobatan Gratis di Lombok Timur, Peringati Bulan K3 Nasional

MandalikaPost.com
Kamis, Februari 09, 2023 | 16.32 WIB
PLN UIP Nusra Gelar Pelayanan Kesehatan dan Pengobatan Gratis di Lombok Timur, Peringati Bulan K3 Nasional.

MANDALIKAPOST.com - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Nusa Tenggara menyelenggarakan kegiatan pemeriksaan Kesehatan gratis kepada masyarakat umum dan edukasi bahaya kelistrikan di desa Padak Guar, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan ini dilakukan untuk memperingati Bulan K3 Nasional.


Aksi sosial tersebut dilaksanakan dengan beberapa pemeriksaan keesehatan seperti pengecekan kondisi fisik, gula darah, pemeriksaan kolestrol, asam urat dan pemberian obat gratis kepada warga, turut dihadiri pula oleh Tarmizi Kepala Desa Padak Guar, dan I Made Utama, Kepala Balai Hiperkes Provinsi NTB. 


Nasrulloh, Assistant Manager K3 dan Keamanan PLN UIP Nusra menyampaikan tentang pentingnya keselamatan instalasi kelistrikan, berkaitan dengan potensi bahaya yang bisa diakibatkan oleh kesalahan penggunaan listrik. 


"Keamanan instalasi listrik harus mendapat perhatian besar dari masyarakat, sehingga kerugian yang dapat timbul akibat persoalan listrik bisa ditekan," ujar Anas. 


Anas juga melanjutkan, kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis yang dilaksanakan oleh pihaknya, merupakan wujud kepedulian PLN terhadap masyarakat, terutama masyarakat yang berada di sekitar lokasi proyek pembangkit maupun jaringan PLN. 


"Melalui kegiatan ini kami harap dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan yang layak, dan kami juga berharap masyarakat ikut menjaga pasokan listrik dengan berpartisipasi dalam menjaga kondusifitas sekitar lokasi pembangunan, dan turut menjaga keamanan operasi jaringan PLN, dengan tidak bermain layang - layang di sekitar instalasi jaringan," papar dia. 


Sementara itu, Kepala Desa Padak Guar dalam sambutannya, mengajak masyarakat sekitar areal pembangunan pembangkit untuk turut menjaga stabilitas dan keamanan desa, dengan begitu, masyarakat memberikan andil terhadap pembangunan yang sedang dilaksanakan pemerintah.


"Dalam rangka bulan K3 Nasional, kegiatan  pemeriksaan Kesehatan kepada masyarakat desa Padak Guar adalah langkah membangun masyrakat yang sehat, semoga semuanya sehat, dan ini lah bentuk dukungan perusahaan kepada masyarakat yang berada disekitar, mari kita jaga keamanan dan kenyamanan," ungkapnya. 


M. Ferdihartono, pemuda dusun Purwakarya, Desa Padak Guar, menyampaikan rasa terimakasih atas kegiatan yang berlangsung di desanya tersebut.


"Memang ada jarak akses dari rumah ke fasilitas kesehatan, maka kegiatan ini mendekatkan pelayanan kesehatan kepada kami, terimakasih untuk semua yang sudah terlibat membuat kegiatan ini," ujarnya.


Bulan K3 Nasional diperingati setiap tanggal 12 Januari - 12 Februari untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan norma K3 sekaligus mendorong gerakan nasional dalam membudayakan keselamatan dan kesehatan kerja bagi para pekerja segala sektor bisnis. 


Dalam penerapan K3, kepastian safety merangkum aspek - aspek proses, seperti  ketersediaan prosedur kerja, pekerja yang bekerja adalah orang yang kompeten di bidangnya dan dalam keadaan sehat, adanya pengawas pekerjaan yang  standby memastikan pekerjaan dapat dilakukan dengan aman dan APD (Alat Pelindung Diri) yang sesuai dengan standard safety.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PLN UIP Nusra Gelar Pengobatan Gratis di Lombok Timur, Peringati Bulan K3 Nasional

Trending Now