PPK Kecamatan Sembalun Gelar Rapat Pleno Terbuka DPHP

Rosyidin
Minggu, April 02, 2023 | 22.05 WIB
Rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutahiran (DPHP) pemilihan umum tahun 2024 tingkat Kecamatan Sembalun Sembalun. (Foto: Rosyidin/MP).


MANDALIKAPOST.com - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) Pemilu 2024, di Gedung serba guna Kecamatan Sembalun, Minggu (02/04).


Turut hadir pada kesempatan itu, Camat Sembalun Serkapudin S.Sos bersama Forkopimcam Sembalun, Kapolsek Sembalun, Koramil 1615/10- Sembalun, para pengurus Partai Politik tingkat Kecamatan, Panwascam Sembalun dan PPS se-Kecamatan Sembalun.


Ketua PPK Kecamatan Sembalun, Ust Muhsinin S.Pd.I membuka Rapat pleno dan dilanjutkan dengan pembacaan Berita Acara Pleno Rekapitulasi DPHP oleh Ketua PPS di masing-masing desa.


Dalam sambutanya, Ust Mahsinin menyampaikan, data pemilih ini merupakan ujung tombak dari kesuksesan terselengarannya Pemilu tahun 2024 yang akan datang.


"Keberhasilan tahapan pemilu itu ditentukan oleh pemuktahiran data pemilih yang akurat dan valid hingga tingkat bawah, kata Muhsinin.





Menurut Muhsinin, badan Adhoc kecamatan Sembalun saat ini mampu membawa perubahan lebih baik dari sebelumnya, khususnya perihal data pemilih. Karena petugas PPS desa saat ini rata-rata muda yang lagi energik dan mempuni.


"Kami akan melakukan upaya semaksimal mungkin untuk pemutahiran data ini, nantinya menjadi dasar suksesnya Pemilu 2024 yang berintegritas dan tidak hanya menjadi selogan saja, tapi aktualisasi yang jelas," ujarnnya.


Jika nanti ada data yang kurang baik, lanjut Muhsinin ataupun ada yang belum masuk di data pemilih. Pihaknya menerima tanggapan dan masukan agar tidak ada yang merasa dirugikan, karena Rekapitulasi DPHP ini merupakan Pleno pertama perihal data pemilih.


"Data ini sifatnya sementara, kami siap menerima kritikan dan masukan terkait data pemilih atau temuan yang menyimpang perihal pemilu 2024," jelasnya.





Muhsinin juga berterimakasih kepada seluruh PPS dan pantarlih se-Kecamatan Sembalun yang sudah berusaha semaksimal hingga pleno DPHP digelar.


"Terimakasih kepada Rekan PPS dan pantarlih, semoga kedepan kita tetap Solid dan membangun kerjasama yang bagus demi terselenggaranya Pemilu 2024 sesuai amanat peraturan Perundang Udangan." ucap Muhsinin.


Anggota PPK Kecamatan Sembalun, foto bersama dengan Camat Sembalun dan peserta rapat pleno terbuka DPHP. (Foto: Rosyidin/MP).


Dalam rapat tersebut, PPK Kecamatan Sembalun menetapkan Rekapitulasi Dapftar Perubahan Pemilih Hasil Pemutahiran Kecamatan Sembalun dengan rincian sebagai berikut.


Jumlah desa di Kecamatan Sembalun, ada 6 desa. Jumlah TPS sebanyak 71, sementara  pemilih aktif sebanyak 17.416 orang, pemilih baru sebanyak 10.943 orang, sedangkan pemilih tidak memenuhi syarat sebanyak 10.331 orang, adapun perbaikan data pemilih sebanyak 268 orang dan pemilih potensial non KTPel sebanyak 738 orang.


"Data ini kita peroleh dari, rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutahiran (DPHP) PPS di masing-masing desa yang telah melakukan rapat pleno terbuka beberapa hari yang lalu," pungkasnya.


Acara tersebut, di akhiri dengan Penandatanganan Berita Acara Penetapan Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP), oleh Ketua PPK beserta anggotanya, kemudian Penyerahan Berita Acara dan Rekap DPHP dari PPK kepada para ketua Partai Politik (Parpol) dan Panwas kecamatan setempat.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PPK Kecamatan Sembalun Gelar Rapat Pleno Terbuka DPHP

Trending Now