BPJS Kesehatan Mataram Gelar Sosialisasi JKN dengan Komunitas Sepeda PWRI

MandalikaPost.com
Rabu, Mei 24, 2023 | 15.58 WIB

 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mataram, Angga Firdauzie bersama Ketua PWRI Kota Mataram HL Makmur Said dan para peserta dari Komunitas Bersepeda PWRI Kota Mataram.

MANDALIKAPOST.com - BPJS Kesehatan Cabang Mataram menggelar temu Peserta program JKN bersama Komunitas Bersepeda  Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Kota Mataram, Rabu 24 Mei 2023 di gedung serbaguna Monjok Baru, Kota Mataram.


Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mataram, Angga Firdauzie mengatakan, kegiatan temu peserta sekaligus sosialisasi program JKN ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan jajarannya untuk memaksimalkan kepesertaan JKN di Mataram dan NTB secara umum.


Hal yang disosialisasikan menurut dia, adalah hal umum kepertaan JKN KIS mulai dari siapa saja yang bisa menjadi peserta, bagaimana cara mendaftar, hingga bagaimana mendapatkan benefit akses pelayanan kesehatan.


"Alhamdulillah hari ini kita bisa bertemu dengan komunitas dan menyampaikan sosialisasi JKN di Monjok Baru, Mataram," katanya.


Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mataram, Angga Firdauzie bersama Ketua PWRI Kota Mataram HL Makmur Said dan para peserta dari Komunitas Bersepeda PWRI Kota Mataram.

Kegiatan dihadiri sekitar 50 peserta dari Komunitas Bersepeda PWRI Kota Mataram yang merupakan kelompok purna atau pensiunan ASN Kota Mataram dan masyarakat Monjok Baru, Kota Mataram.


Dalam pertemuan, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mataram, Angga Firdauzie didampingi  I Wayan Sumarjana, selaku Kepala Bagian Mutu Pelayanan Kepesertaan memaparkan tentang program JKN KIS. 


Angga mengatakan, jika sesuai indikasi medis maka peserta JKN KIS dapat dilayani.


"Penggunaan KTP dapat dilayani asalkan sesuai dengan data di aplikasi BPJS kesehatan, NIK harus valid dan online, mekanisme pelayanan pada saat berobat secara berjenjang," katanya.


Kepala Bagian Mutu Pelayanan Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Mataram, I Wayan Sumarjana memaparkan kepesertaan JKN KIS cukup mudah dilakukan.


"Semua layanan kesehatan pun bisa diakses cukup dengan KTP," katanya.


Beberapa kemudahan lain karena ada aplikasi JKN online yang memudahkan masyarakat dalam melakukan registrasi dan juga mengakses layanan kesehatan.


Sementara itu Ketua Komunitas Bersepeda PWRI Kota Mataram yang juga mantan Sekda Kota Mataram, H Lalu Makmur Said mengapresiasi kegiatan BPJS Kesehatan Cabang Mataram.


Makmur memaparkan cukup banyak kelebihan dan manfaat menjadi peserta program JKN KIS. 


"Untuk pelayanan kesehatan bisa menggunakan KTP saja, kemudian sebagai pensiunan bisa lebih di prioritaskan," katanya.


Menurutnya, karena sewaktu aktif sebagai pegawai atau ASN juga melayani masyarakat.


"Setidaknya di masa pensiun ini kami juga lebih diperhatikan pada saat mendapatkan pelayanan kesehatan," ujarnya.


Beberapa peserta aktif melalukan dialog dan tanya jawab dengan Kepala BPJS Kesehatan Mataram, Angga Firdauzie.


I Komang Tantra Adyana misalnya. Pensiunan ASN ini menanyakan tentang masih berlakulah kartu Askes warna kuning, setelah menjadi peserta JKN KIS.


Ia bersyukur karena kartu Askes juga masih berlaku sehingga mempermudah masyarakat, khususnya pensiunan ASN.


Beberapa peserta lain juga memberikan masukan, agar pelayanan kesehatan tak perlu berjenjang jika bisa langsung dan tidak berjenjang.


Kepala BPJS Kesehatan Mataram, Angga Firdauzie menjawab semua dengan gamblang dan detil. Sehingga para peserta sosialisasi memahami.


Para peserta mengaku puas dan antusias mengikuti kegiatan temu peserta JKN yang dirangkai sosialisasi tersebut.



Dijumpai usai kegiatan, Kepala BPJS Kesehatan Mataram, Angga Firdauzie mengungungkapkan, kegiatan sosialisasi dilakukan untuk mendukung percepatan kepesertaan JKN KIS di NTB.


Menurut dia, berdasarkan data BPJS Kesehatan, hingga Maret 2023 sekitar

4.974.285 jiwa atau 90,88 persen dari total penduduk NTB, sudah terdaftar sebagai peserta program. 


"Progres kepesertaan program JKN - KIS di NTB cukup baik hingga Maret 2023 tercatat 4.974.285 jiwa atau 90,88 persen dari total penduduk NTB yang berjumlah 5.473.507 jiwa," katanya.


Untuk memaksimalkan capaian maka kegiatan sosialisasi dan edukasi akan terus dilakukan pihak BPJS Kesehatan Cabang Kota Mataram.


"Kami sangat mengapresiasi semua pihak termasuk hari ini Komunitas Bersepeda PWRI Kota Mataram yang senantiasa mendukung program JKN KIS ini," pungkasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BPJS Kesehatan Mataram Gelar Sosialisasi JKN dengan Komunitas Sepeda PWRI

Trending Now