Haraga Garam Melambung Tinggi Di Sejumlah Wilayah Lombok Timur

Rosyidin
Selasa, Mei 09, 2023 | 20.36 WIB

Pedagang dan pembeli garam di  dusun Kedome desa Ketapang Raya, Kecamatan Keruak, Lombok Timur (Lotim).


MANDALIKAPOST.com – akibat sedikitnya produksi dan stok garam di sejumelah wilayah, termasuk produksi garam di Kabupaten Lombok Timur. Harga garam terpantau melonjak naik sejak 2 pekan terahit.

 

Salah satunya di dusun Kedome desa Ketapang Raya, Kecamatan Keruak, Lombok Timur (Lotim). Kenaikan harga garam mencapai 90 persen.

 

Jika dibandingkan dengan sebelumnya, pedagang eceran menjual garam dengan haraga Rp 15 ribu rupiah per 5 kilogram, sekarang haraga jualnya mencapai Rp 75 ribu per 5 kilogram.

 

Salah satu pedagang garam, Parhiah mengaku menjual garam dengan harga yang sangat mahal. Dikarenakan garam  didtangkan dari luar daerah.

 

“Kita sebagai pedagang serba salah, karena kali ini harga garam melambung tinggi dan sempat langka,” tuturnya, saat ditemui media belum lama ini.

 

Sementara lanjutnya, untuk yang 50 kilogram dijual seharga Rp 500 ribu rupiah. Sebelumnya hanya dijual Rp 275 ribu rupiah.

 

“Agar kita tidak rugi dan membebani pembeli, kita ecer dari harga Rp 5 ribu rupiah hingga Rp 10 ribu rupiah per kantong pelastik ukuran kecil,” ujar Pahriah.

 

Sementara itu, warga mengeluh dengan kenaikan harga garam yang dianggap tidak wajar. Meski demikian mau tidak mau terpaksa di beli oleh warga, karena salah satu bumbu yang dibutuhkan oleh warga.

 

“Harga garam kali ini tidak wajar, meski demikian terpaksa kita beli. Dari pada makanan kita hambar rasanya tanpa garam,” ujar seorang warga, Ida Yani.

 

Ida pun berharap kepada pemerintah atau dinas terkait, untuk mengatasi dan mencari solusi dengan kenaikan harga garam saat ini. Meskipunn garam bukan termasuk bahan makan pokok, menurutnya garam juga salah satu menjadi kebutuhan bersama.

 

“Harapan kita, semoga pemerintah bias mengatasi kenaikan harga garam saat ini. Karena Bagaimana pun menurut kami, garam bagian dari sembako,” harapn Ida, sembari menutup perkataa
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Haraga Garam Melambung Tinggi Di Sejumlah Wilayah Lombok Timur

Trending Now