Rachmat Hidayat : Implementasi Empat Pilar Kebangsaan, Cegah Disintegrasi Bangsa

MandalikaPost.com
Rabu, Mei 31, 2023 | 14.42 WIB

Anggota DPR RI, H Rachmat Hidayat dalam Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Kota Mataram, NTB.


MANDALIKAPOST.com - Anggota DPR RI ​​dari Fraksi PDIP, H Rachmat Hidayat mengajak kaum muda dan para milenial generasi Z di Mataram, NTB untuk mengamalkan nilai-nilai empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari.


Hal ini dinilai penting untuk mencegah disintegrasi bangsa, sekaligus relevan dengan perkembangan zaman dan teknologi di era global.


“Dalam menghadapi tantangan zaman, masyarakat terutama generasi muda harus memahami jati dirinya sebagai bangsa Indonesia. Keempat pilar tersebut harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Kuncinya adalah pendidikan sehingga rakyat jadi pintar, sehat, dan sejahtera,” kata Rachmat Hidayat, saat menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Rabu 31 Mei 2023, di Kota Mataram.


Sosialisasi diikuti lebih dari 100 peserta terdiri dari kelompok muda, pelajar dan mahasiswa yang merupakan bagian milenial generasi Z.


Anggota DPR RI dari Dapil Lombok itu menjelaskan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika harus terus disosialisasikan agar masyarakat paham kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.


“Melalui sosialisasi empat pilar kebangsaan tersebut dapat membawa manfaat dan berfungsi menopang kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata dia.


Sosialisasi yang digelar dan menyasar kelompok muda tersebut juga dapat memperkuat dan memperdalam pemahaman sebagai bangsa.


Empat pilar tersebut, papar Rachmat, harus dipahami dan diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat. 


Sehingga membentuk karakter dan kepribadian luhur dan masyarakat memiliki wawasan kebangsaan yang utuh.


“Dengan kegiatan ini maka nasionalisme kita makin meningkat dan masyarakat kian memahami nilai-nilai keindonesiaan sehingga menciptakan persatuan dan kesatuan. Dengan persatuan maka disintegrasi bisa dicegah,” katanya. (*)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Rachmat Hidayat : Implementasi Empat Pilar Kebangsaan, Cegah Disintegrasi Bangsa

Trending Now